Terbukti! Buah Penambah Darah Ini Paling Ampuh Untuk Pembentukan Sel Darah Merah - Jussehat

Anemia adalah suatu keadaan dimana kualitas dan kuantitas darah tidak normal yang ditunjukkan dengan berkurangnya jumlah sel darah merah sehingga mempengaruhi kandungan hemoglobin (Hb).

Keadaan ini bisa diatasi atau diobati dengan mengkonsumsi buah penambah darah yang mengandung zat besi, vitamin C, dan asam folat. Ketiga nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah yang baru.

Salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi untuk menambah darah adalah pepaya.

Alasannya adalah buah pepaya termasuk buah-buahan yang memiliki kandungan zat besi di atas 1 miligram (mg) dengan kadar vitamin C tinggi.

Selain itu, penderita kurang darah (anemia) sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi bahan makanan yang kaya protein agar proses pembentukan hemoglobin lebih cepat.

Buah bit salah satu buah penambah darah yang paling ampuh

Buah bit salah satu buah untuk penambah darah yang ampuh


Buah-buahan yang mengandung zat gizi berupa zat besi, asam folat, dan vitamin C bisa disebut sebagai buah penambah darah.

Hal ini bukan tanpa alasan.
  • Zat besi berguna untuk pematangan eritrosit atau sel-sel darah merah.
  • Asam folat untuk membentuk sel-sel darah merah.
  • Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan penyerapan dan metabolisme zat besi dalam tubuh.

Jangan lupakan juga protein yang banyak terdapat pada bahan makanan seperti kacang hijau, sari kedelai, susu, tempe, almond, dan flax seed.

Lihat juga : Resep jus penambah darah dari buah dan sayuran

Fungsi protein dalam konteks menambah kadar sel darah merah adalah membangun globin yang nantinya akan berikatan dengan dengan hem menjadi hemoglobin.

Rendahnya kadar Hb darah menyebabkan tubuh mengalami hipoksia sebagai akibat dari berkurangnya kemampuan sel darah mengangkut dan mengedarkan oksigen.

Efeknya, konsentrasi menurun karena tidak sampainya oksigen ke jaringan otak sehingga produktivitas menurun.


Penyebab Dan Tanda-Tanda Seseorang Mengalami Kurang Darah

Penyakit kurang darah atau dikenal dengan istilah Anemia disebabkan oleh kekurangan zat-zat gizi yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah yang normal.

Kekurangan zat gizi ini biasanya merupakan akibat dari pola hidup tidak sehat, pola makan sembarangan, stres berlebih, kurangnya waktu istirahat (tidur) dan sebagainya.

Kelompok usia yang membutuhkan asupan buah penambah darah karena rentan terkena anemia adalah bayi, anak-anak, wanita remaja, ibu hamil, ibu menyusui, dan atlet wanita.

Bagaimana cara mengetahui seseorang mengalami kurang darah?

Lihatlah tanda tandanya yaitu : mudah lelah, letih, lesu, lemas, dan lunglai, sulit berkonsentrasi dan selanjutnya akan menyebabkan sel-sel mudah mengalami gangguan fungsi dan kerusakan.


10 Buah Penambah Darah Untuk Pembentukan Sel Darah merah

  1. Alpukat
  2. Alpukat buah untuk penambah darah

    Alpukat buah untuk penambah darah

    Meskipun jumlah zat besi dalam alpukat tergolong rendah, namun kadar vitamin C nya dapat membantu tubuh dalam menyerap zat besi. Inilah yang membuat alpukat termasuk buah untuk menambah darah dan mencegah anemia.

  3. Anggur
  4. Buah anggur bermanfaat untuk menambah darah

    Buah anggur bermanfaat untuk menambah darah

    Kandungan vitamin C dan vitamin B kompleks dalam buah anggur berkhasiat membantu pembentukan sel darah merah.

  5. Belimbing
  6. Vitamin C buah belimbing berguna untuk pematangan sel darah

    Vitamin C buah belimbing berguna untuk pematangan sel darah

    Buah yang berbentuk bintang jika diiris melintang ini memiliki kandungan vitamin C yang tergolong tinggi. Vitamin C berperan penting dalam proses pematangan sel darah merah dan meningkatkan penyerapan zat besi.

  7. Buah bit
  8. Konsumsi buah bit berkhasiat menambah kadar Hb darah

    Konsumsi buah bit berkhasiat menambah kadar Hb darah

    Dalam 100 gram buah bit terdapat 1 mg zat besi, 148 mikrogram asam folat, dan 10 mg vitamin C. Jangan heran bila manfaat buah bit untuk meningkatkan kadar hemoglobin sekaligus mengobati anemia sudah teruji dan terbukti ampuh.

  9. Kiwi
  10. Vitamin C buah kiwi berguna untuk penambah sel darah

    Vitamin C buah kiwi berguna untuk penambah sel darah

    Dalam 100 gram buah kiwi hijau terdapat 0,31 mg zat besi, 25 mikrogram asam folat, dan 92,7 mg vitamin C. Selain dikenal sebagai buah penambah darah, kiwi juga memiliki nilai indeks glikemik rendah sehingga aman bagi penderita diabetes

  11. Mangga
  12. Mangga kaya zat besi untuk pembentukan sel darah

    Mangga kaya zat besi untuk pembentukan sel darah

    Mangga kaya zat besi, yang membuatnya bermanfaat untuk penderita anemia. Asupan reguler dan moderat dapat membantu mengatasi anemia dengan meningkatkan jumlah sel darah darah dalam tubuh.

  13. Melon
  14. Vitamin A pada melon berguna meningkatkan hemoglobin darah

    Vitamin A pada melon berguna meningkatkan hemoglobin darah

    Melon terdiri dari 90% air yang bisa memberi rasa nyaman di dalam perut. Melon juga tinggi vitamin A. Vitamin A bisa membantu zat besi untuk meningkatkan kadar hemoglobin di dalam darah.

  15. Nanas
  16. Nanas bermanfaat untuk penambah darah

    Nanas bermanfaat untuk penambah darah

    Nanas kaya akan vitamin C yang berguna meningkatkan penyerapan dan metabolisme zat besi dalam tubuh.

  17. Pepaya
  18. Buah pepaya kaya nutrisi penambah darah

    Buah pepaya kaya nutrisi penambah darah

    Salah satu nutrisi bermanfaat yang ditemukan di pepaya adalah vitamin B yang larut dalam air dan bermanfaat membantu proses pembentukan sel darah merah.

  19. Stroberi
  20. Buah stroberi membantu pembentukan sel darah

    Buah stroberi membantu pembentukan sel darah

    Stroberi tidak hanya mengandung zat besi yang baik - sekitar 0,55 mg dalam delapan stroberi - namun juga membantu proses penyerapannya. Hal ini berkat tingginya vitamin C dalam buah stroberi.


Konsumsi jenis buah penambah darah di atas dibarengi pola hidup dan pola makan sehat dengan memperhatikan asupan zat gizi (terutama protein) tentu dapat mengatasi masalah kurang darah yang sedang anda alami.

Jika perlu, minumlah vitamin penambah darah yang bisa anda beli di apotek terdekat. Konsumsi vitamin dan buah-buahan secara bersamaan tentu saja aman dan tidak membahayakan kesehatan tubuh.
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar