Cara Membuat Smoothies Pisang Susu Coklat - Jussehat

Smoothie adalah minuman sehat yang dihasilkan dari proses memblender bahan buah atau pun sayuran yang memiliki kandungan serat tinggi.

Zat mikronutrien, mineral dan vitamin dalam smoothie cenderung lebih sedikit dibandingkan jus yang diolah dengan mesin juicer atau juice extractor.

Cara membuat smoothies pisang yang enak adalah dengan menambahkan bahan-bahan kombinasi yang cocok.

Bahan campuran atau kombinasi tersebut biasa berupa buah, sayuran atau bahan lain seperti coklat, bubuk kopi dan sebagainya.

Buah pisang untuk dibuat smoothies

Buah pisang untuk bahan membuat smoothies


Untuk resep smoothies pisang kali ini, kami menggunakan campuran coklat dalam bentuk bubuk sehingga dihasilkan tekstur creamy, yummy dan rasanya lebih gurih.

Buah pisang kaya serat, memiliki khasiat antiradang dan antipiretik. Sebuah pisang ukuran besar mengandung 487 mg kalium yang mampu menyediakan 14% kebutuhan kalium harian orang dewasa.

Kalium adalah jenis mineral yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam dan basa, cairan elektrolit, relaksasi otot, dan fungsi syaraf.

Fungsi nyata kalium atau dikenal juga dengan istilah potasium adalah menurunkan resiko tekanan darah tinggi, mencegah terjadinya kram pada otot, dan menyediakan energi tubuh.

Jadi tidak salah jika mengatakan smoothies pisang sangat cocok dikonsumsi oleh atlet, olahragawan maupun siapa saja yang sudah melakukan olahraga untuk mencegah kram otot dan mengembalikan tenaga yang sudah terkuras.


Coklat Sebagai Campuran Resep Smoothies Pisang

Di sisi lain, coklat (cocoa) tidak hanya berkontribusi menambah cita rasa banana smoothie.

Coklat juga bermanfaat sebagai pendongkrak hormon serotonin. Hormon yang satu ini berguna untuk memperbaiki mood dan mengatasi depresi yang sedang anda alami.

Dilihat dari sisi kesehatan, manfaat coklat adalah mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan kolesterol tinggi, memperlambat penuaan kulit, baik bagi kesehatan otak serta berguna untuk meningkatkan produksi insulin sehingga menurunkan resiko terkena diabetes.

Bubuk coklat untuk campuran smoothies

Bubuk coklat untuk campuran smoothies


Tips memilih coklat sebagai bahan campuran smoothies pisang : pilihlah bubuk coklat (cocoa powder) yang masih murni tanpa bahan tambahan seperti pemanis.

Hal ini bertujuan untuk mencegah bertambahnya berat badan akibat asupan lemak, gula, dan kalori yang banyak terdapat dalam coklat kemasan.



5 from 10 reviews

Smoothies Pisang Susu Coklat

Oleh : Ahlun Naja
 
Smoothies Pisang Susu Coklat
Persiapan
10 menit
Pengolahan
10 menit
 
Resep untuk : 2 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 319 kkal
Bahan-bahan :
  • 2 buah pisang
  • 100 ml susu cair
  • 1/2 sdt coklat bubuk
  • 1 sdm sirup gula
  • Potongan es batu
Cara membuat smoothies pisang susu :
  1. Potong-potong buah pisang agar mudah dihancurkan.
  2. Masukkan ke dalam blender bersama sirup gula atau madu, bubuk coklat, susu, dan es batu.
  3. Hidupkan blender, proses sampai halus dan tercampur rata.
  4. Tuang ke dalam gelas saji, kemudian taburkan coklat bubuk di atas smoothies untuk mempercantik tampilannya.
Catatan :
Smoothies pisang campur susu coklat yang dibuat dengan mesin blender teksturnya creamy dan rasanya gurih berkat taburan bubuk coklat di atasnya.
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar