Jus Daun Kumis Kucing Untuk Obat Batu Ginjal - Jussehat

Manfaat daun kumis kucing untuk mengobati batu ginjal secara alami dan aman bisa anda peroleh dengan membuat minuman jus sehat yang enak sekaligus berkhasiat.

Cara membuat jus daun kumis kucing untuk terapi organ ginjal sebaiknya menggunakan bahan campuran lain, baik buah, sayur atau pun biji-bijian.

Tujuannya agar supaya kandungan gizi pada olahan jus lebih optimal sehingga dapat bermanfaat meluruhkan batu ginjal.

Pengolahan daun-daunan sebagai ramuan obat herbal tidak boleh sembarangan. Artinya komposisi bahan harus diperhatikan dengan benar, tidak boleh lebih tidak boleh kurang.

Jika berlebihan, dikhawatirkan menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan. Namun jika ukuran yang dipakai kurang, manfaat obat pada bahan tersebut tidak optimal.

Jus Daun Kumis Kucing Untuk Obat Batu Ginjal

Membuat jus sehat untuk obat batu ginjal


Seperti halnya bahan herbal lain, daun kumis kucing juga memiliki nama atau sebutan berbeda di beberapa daerah.

Di pulau jawa misalnya, daun yang berkhasiat untuk kesehatan ginjal ini dikenal dengan nama Remujung.

Sementara itu, masyarakat internasional menyebut daun kumis kucing dalam bahasa inggris dengan nama Kidney tea plants atau Java tea.

Fungsi utama organ ginjal adalah mengeluarkan limbah, zat sisa metabolisme dan zat racun dari aliran darah dalam bentuk cairan. Setiap hari organ penting ini bertanggung jawab atas zat sisa metabolisme hingga kurang lebih 1500 ml.

Ketika fungsi ginjal menurun maka proses pengeluaran ini tidak akan berlangsung sempurna. Dan apabila dibiarkan dalam waktu lama, maka akan muncul masalah kesehatan yang dikenal dengan istilah batu ginjal.


Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Ginjal

Menjaga kesehatan organ ginjal merupakan keharusan semua orang apabila tidak ingin terkena penyakit berbahaya seperti Kencing manis (diabetes mellitus), Anuria (tidak bisa memproduksi urin), Nefritis glomerulus (radang ginjal), Nefrosis (bengkak pada bagian tubuh tertentu), dan Gagal ginjal.

Tentu anda setuju dengan slogan 'Mencegah lebih baik daripada mengobati'.

Menjaga kesehatan ginjal bisa dilakukan dengan cara sederhana yaitu memperbanyak minum air putih, olahraga rutin agar metabolisme berjalan dengan baik.

Jangan terlalu sering menahan buang air kecil karena bisa mengendap membentuk batu ginjal dan bagi anda yang sering duduk dalam waktu lama karena pekerjaan, mulailah bangkit kemudian berjalan-jalan sebentar.

Daun kumis kucing (remujung) bermanfaat bagi kesehatan

Daun tanaman remujung kaya manfaat dan khasiat


Menurut hasil penelitian medis, manfaat daun kumis kucing untuk ginjal adalah mampu meluruhkan batu ginjal serta memperlancar buang air kecil sehingga proses pembuangan zat sisa dan zat racun bisa dilakukan secara maksimal.

Hal ini berkat adanya kandungan zat gizi yaitu jenis fitokimia bermanfaat yang disebut Orthosipon glikosida.

Beberapa jenis bahan buah untuk ginjal sehat dan kuat adalah anggur, apel, melon, jeruk bali, semangka, pisang, stroberi, dan air kelapa.

Pada olahan menu resep jus sehat kali ini kami memakai bahan tambahan berupa buah semangka, stroberi serta melon karena kandungan mineral dan vitamin pada jenis buah-buahan tersebut memiliki khasiat untuk kesehatan ginjal.


Cara Mengolah Daun Kumis Kucing Menjadi Obat Batu Ginjal

Jus daun kumis kucing campur semangka

Jus daun kumis kucing campur semangka
Bahan-bahan :
  • 100 g daun kumis kucing
  • 200 g buah semangka
  • 100 g stroberi
  • 1 sdt biji kenari

Cara membuat daun kumis kucing campur semangka :
  1. Daun kumis kucing (remujung) dibersihkan dengan air mengalir, kemudian ambil airnya menggunakan juice extractor atau peras manual. Semangka juga diambil airnya.
  2. Masukkan air daun kumis kucing, air semangka, stroberi ke dalam blender.
  3. Proses beberapa saat hingga menjadi halus.
  4. Sajikan dalam gelas, tambahkan topping biji kenari.
Catatan :
  • Buah semangka mengandung 4 jenis mineral penting bagi kesehatan ginjal yaitu kalium, kalsium, magnesium, dan natrium dalam jumlah sesuai.

5 from 8 reviews

Jus Daun Kumis Kucing Mix Buah


Indonesian
 
Jus daun kumis kucing untuk obat batu ginjal
Persiapan
Pengolahan
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 128 kkal

Terapi jus sehat
batu ginjal, daun kumis kucing, terapi jus
Bahan-bahan :
  • 100 gram daun kumis kucing
  • 200 gram melon
  • 50 gram stroberi
  • 1 sdm flax seed
  • Air dingin secukupnya
  • Potongan es batu
Cara membuat jus daun kumis kucing :
  1. Daun kumis kucing dicuci memakai air mengalir, ambil sarinya memakai juice extractor.
  2. Bisa juga memakai mesin blender dengan ditambah sedikit air dingin, lalu saring sarinya.
  3. Masukkan sari daun kumis kucing, melon, dan stroberi ke dalam gelas blender, haluskan.
  4. Sajikan jus segera dengan potongan es batu dan topping flax seed (jika ada) atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.
Catatan :
Manfaat jus daun kumis kucing untuk ginjal akan bertambah luar biasa berkat buah stroberi dan flax seed yang memiliki zat anti inflamasi. Zat ini berguna untuk mengurangi peradangan serta meningkatkan fungsi kandung kemih.
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar