Resep Membuat Jus Manggis Serta Sejuta Khasiat Alaminya - Jussehat

Manggis merupakan tanaman asli indonesia yang sudah lama dikenal mempunyai kegunaan luar biasa dalam dunia medis.

Untuk memperoleh manfaat kesehatan tanaman ini, anda bisa mengolahnya menjadi minuman jus buah yang enak dan segar.

Tentu anda tidak asing lagi dengan obat herbal berbahan dasar manggis yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit ganas.

Ternyata, cara membuat jus manggis tidak susah dan anda bisa mengolahnya sendiri di rumah hanya bermodalkan mesin blender dan buah segar.

gambar buah manggis

Buah manggis kaya zat gizi dan nutrisi penting bagi kesehatan tubuh


Manfaat meminum jus buah manggis bagi kesehatan adalah :

  1. Melawan peradangan secara alami sehingga menghindarkan tubuh anda terkena penyakit diabetes tipe 2, kanker, asam urat, tumor ganas serta gangguan kesehatan mematikan lainnya.
  2. Manggis membantu menjaga elastisitas pembuluh yang mengelilingi jantung sehingga anda terhindar dari penyakit jantung serta penyempitan pembuluh nadi.
  3. Kandungan katekin dalam buah manggis terbukti lebih efektif untuk menangkal radikal bebas dibandingkan vitamin C maupun vitamin E.
  4. Membantu menurunkan berat tubuh berkat zat xanthone yang dapat mempercepat proses perubahan makanan menjadi energi sehingga terhindar dari penumpukan lemak.
  5. Menurunkan tekanan darah tinggi sehingga bermanfaat untuk mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.
  6. Menyehatkan perut anda dengan membunuh berbagai macam bakteri jahat dalam lambung maupun kandung kemih.
  7. Menghilangkan bau mulut secara alami berkat kandungan xanthone yang mampu membersihkan bakteri penyebab bau tak sedap.
  8. Memperbaiki kerusakan sel kulit akibat jerawat, radang, ruam dan eksim. Caranya oleskan buah manggis ke area kulit yang bermasalah secara teratur.
  9. Kandungan anti-oksidan di dalam buah berwarna ungu ini berguna untuk menyehatkan mata dan menjauhkan mata dari katarak.
  10. Penelitian menunjukkan xanthone buah manggis bermanfaat untuk mengurangi tingkat oksidasi LDL (kolesterol jahat) sehingga kadar kolesterol darah bisa ter-kontrol.

4.5 from 23 reviews

Jus Manggis Campur Lemon


 
Jus Manggis Campur Lemon
Persiapan
Pengolahan
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 147 kkal

Bahan-bahan :
  • 4 buah manggis
  • 1 buah jeruk lemon
  • 300 ml air matang
  • 1 sdm madu atau sirup gula
Cara membuat jus :
  1. Belah buah manggis menjadi dua bagian kemudian keluarkan daging buahnya dan buang bijinya.
  2. Masukkan dalam blender bersama air, gula pasir atau madu lalu proses sampai benar-benar halus.
  3. Ambil jeruk lemon kemudian potong beberapa bagian lalu peras airnya.
  4. Tuang jus yang sudah di proses ke dalam gelas saji, tambahkan air perasan jeruk secukupnya kemudian aduk sampai tercampur rata.
  5. Agar lebih segar, sajikan dengan menambahkan es batu di atasnya.
Catatan :
Jika memungkinkan, pilih bahan buah yang masih segar agar kandungan vitamin, mineral maupun zat gizi dalam jus buah manggis campur jeruk lemon ini bisa didapatkan secara maksimal.
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar