Manfaat Jus Wortel Dari Menjaga Kesehatan Sampai Melawan Kanker - Jussehat

Wortel merupakan akar tunggang yang membengkak yang kemudian menjadi umbi berdaging berwarna oranye.

Perlu dicatat, pengolahan wortel menjadi minuman jus sehat tidak akan menurunkan nilai vitamin, gizi, dan nutrisi di dalamnya.

Manfaat jus wortel diantaranya baik untuk kesehatan mata berkat vitamin A tinggi, meningkatkan kesuburan wanita sehingga cepat hamil, mampu melawan kanker berbahaya, berguna untuk mengendalikan diabetes, asam urat, darah tinggi dan kolesterol.

Tidak hanya kandungan vitamin pada jus wortel yang berlimpah, ada juga serat dan beragam fitokimia (zat berkhasiat dalam tumbuhan) yang bersifat antikanker serta antioksidan.

17 manfaat jus wortel yang ajaib

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari wortel, anda bisa mengkonsumsi akar tunggang ini secara langsung atau membuat jus wortel mentah yang mengandung nutrisi, vitamin dan zat gizi berlimpah.

Jus adalah minuman yang berasal dari sari buah-buahan maupun sayuran mentah yang belum diolah.

Penggunaan bahan yang masih mentah sangat menguntungkan bagi kesehatan karena jumlah nutrisi bermanfaat di dalamnya masih utuh, berbeda jika bahan tersebut direbus atau dimasak terlebih dahulu.

Belum lagi proses pencernaan nutrisi yang lebih cepat jika dibandingkan mengkonsumsi makanan padat yang tidak dihancurkan (di blender) terlebih dahulu. Tentu hal ini sangat menguntungkan karena manfaat luar biasa jus wortel akan lebih cepat terasa efeknya oleh tubuh Anda.


17 Manfaat Jus Wortel Untuk Merawat Kesehatan Tubuh

  1. Menjaga kesehatan mata
  2. Berkat vitamin A dan karotenoid berupa lutein, manfaat jus wortel untuk mata adalah memperbaiki tingkat ketajaman penglihatan khususnya pada malam hari, mencegah kebutaan akibat degenerasi makula, menyembuhkan mata minus, dan menghambat katarak saat usia lanjut.

  3. Menambah kesuburan wanita agar cepat hamil
  4. Sebagai sayuran sumber beta-karoten yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh, meminum jus wortel berkhasiat untuk menghasilkan hormon seks perempuan yang penting pada proses ovulasi.

    Ovulasi adalah proses pelepasan sel telur wanita (ovum), dari ovarium (indung telur) menuju tuba fallopi untuk menunggu dibuahi oleh sperma pria.

    Manfaat jus wortel dan tomat untuk kesuburan

    Jus wortel dan jus tomat sangat bermanfaat bagi kesuburan suami istri

    Manfaat jus wortel dan tomat untuk kesuburan sudah terbukti dapat mempercepat kehamilan. Olahan jus sehat ini dikenal dengan nama jus 3 diva, dimana bahan yang ke-3 adalah buah apel yang kaya antioksidan.

  5. Manfaat jus wortel untuk pria
  6. Tidak hanya berguna bagi kesuburan wanita, manfaat jus wortel untuk pria juga dapat memperbaiki kualitas sperma dengan memperbanyak jumlahnya dan mengurangi sperma abnormal.

    Penelitian di National Cancer Institue mendapati bahwa manfaat minum jus wortel dapat mencegah terjadinya kanker paru-paru. Penyakit berbahaya yang bersumber dari kebiasaan pria yang suka merokok.

  7. Untuk diet menurunkan berat badan
  8. Secangkir jus wortel mentah mengandung kurang dari 53 kalori, jumlah yang aman bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

    Wortel merupakan sumber vitamin B1, B3, B6, K dan C, serat makanan, mangan, magnesium, folat, kalium, dan fosfor.

    Jus wortel untuk diet sehat

    Jus wortel untuk diet

    *Resep untuk 1 gelas saji

    Bahan-bahan :

    • 1 buah apel malang
    • 2 buah wortel
    • 1 ruas ibu jari jahe
    • 100 ml air es

    Cara membuat jus wortel untuk diet :

    • Masukkan jahe dan wortel ke dalam blender, tambahkan sedikit air putih. Haluskan.
    • Saring jus dan ambil sarinya saja.
    • Campur sari wortel, apel dan air es. Blender hingga halus.
    • Tuang ke dalam gelas, sajikan jus diet dari wortel selagi dingin.
  9. Bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh
  10. Wortel kaya akan antioksidan dan mengandung klorin dan sulfur yang membantu hati mengeluarkan racun (detoks).

    Jus wortel juga berkhasiat untuk mencegah keracunan bahan kimia berbahaya seperti logam berat (organofosfat).

  11. Melawan kanker berbahaya
  12. Menurut studi kesehatan, manfaat jus wortel untuk kanker didapat dari zat falcarindiol dan falcarinol yang bersifat antikanker.

    Jenis kanker yang bisa dilawan oleh wortel adalah kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker pankreas, prostat, kolon, kandung kemih, seviks, laring, esofagus, indung telur, ginjal, dan lambung.

    Jus wortel untuk kanker mix buah bit

    jus wortel buah bit untuk kanker

    *Resep untuk 1 gelas saji

    Bahan-bahan :

    • 75 gram wortel
    • 1 buah bit merah ukuran sedang
    • 50 gram buah apel
    • 200 ml air es

    Cara membuat jus wortel untuk kanker :

    • Setelah dicuci bersih untuk menghilangkan kotoran yang menempel, kupas dan potong-potong buah bit dan wortel.
    • Potong-potong juga buah apel, masukkan semua bahan ke blender.
    • Proses memakai blender hingga halus, tuang ke dalam gelas saji.
    • Sajikan jus wortel selagi dingin.
    • Manfaat buah bit untuk kanker bersumber dari gabungan senyawa betanin, serat, pigmen warna merah (betasianin), dan vitamin C.
  13. Mengobati penyakit kista pada wanita
  14. Kista ovarium adalah kantung kecil berisi cairan yang berkembang pada ovarium (indung telur). Manfaat jus wortel untuk kista telah dibuktikan melalui penelitian medis.

    Penelitian yang dilakukan oleh Birgham and Woman's Hospital di Boston, Amerika Serikat menemukan hasil bahwa konsumsi wortel mentah sebanyak empat batang selama lima kali dalam seminggu mampu menurunkan resiko kista ovarium sebesar 54%.

  15. Menurunkan tekanan darah tinggi
  16. Faktor gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab hipertensi di jaman modern seperti sekarang.

    Manfaat meminum jus wortel untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi akan lebih optimal bila olahan jus dicampur bahan lain seperti tomat dan seledri.

  17. Untuk mengendalikan diabetes
  18. Penderita diabetes dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran karena kaya serat.

    Jumlah serat yang tinggi pada jus wortel dan jumlah kalori yang tergolong rendah sangat baik untuk memperlambat kenaikan gula darah secara drastis.

  19. Menurunkan asam urat tinggi
  20. Penderita asam urat tinggi harus menghindari asupan makanan yang mengandung zat purin tinggi seperti sea food, jeroan dan bahan makanan hasil fermentasi menggunakan ragi.

    Sayur wortel termasuk bahan makanan dengan kandungan purin rendah sehingga aman dikonsumsi dan justru bermanfaat untuk metabolisme pengeluaran zat purin yang menumpuk dalam tubuh.

  21. Menurunkan kolesterol
  22. Wortel mengandung kalsium pektat yaitu jenis serat larut yang bermanfaat untuk menurunkan LDL (kadar kolesterol jahat).

  23. Merawat kesehatan ibu hamil
  24. Bahan makanan berwarna kuning dan oranye seperti wortel, ubi jalar dan melon kaya akan beta-karoten, yang membantu untuk menjaga keseimbangan hormon dan bermanfaat untuk mencegah keguguran.

    Jus wortel akan mendorong pertumbuhan sel bayi dalam kandungan. Wortel bersifat alkali, yang berarti kebalikan dari sifat asam sehingga nutrisinya bisa dengan mudah diterima oleh tubuh dan menciptakan keseimbangan di dalam tubuh.

    Jus wortel untuk ibu hamil

    jus wortel untuk bumil

    * Resep untuk 2 gelas saji

    Bahan-bahan :

    • 200 g tomat, potong-potong
    • 200 g jeruk, buang bijinya
    • 50 g wortel, potong-potong
    • 50 g bit
    • 2 sdm madu
    • 100 ml air dingin

    Cara membuat jus wortel untuk bumil :

  25. Memberikan asupan nutrisi ibu menyusui
  26. Bagi ibu yang sedang menyusui, manfaat jus wortel ialah dapat meningkatkan produksi dan kualitas ASI berkat kandungan zat gizi dan berbagai macam jenis vitamin di dalamnya.

    Vitamin A berguna untuk menjaga daya tahan tubuh ibu, vitamin B membantu menguraikan sari-sari makanan menjadi ASI dan vitamin C berperan membantu penyerapan zat besi sehingga bunda terhindar dari anemia.

  27. Manfaat jus wortel untuk bayi dan anak
  28. Anak-anak yang rajin minum jus wortel akan memperoleh manfaat yang luar biasa untuk menunjang tumbuh kembangnya.

    Kandungan asam folat dan antioksidan tinggi berkhasiat mencegah anak gampang sakit, mengobati sakit campak, mengatasi masalah cacing kremi, meringankan cacar air, dan dapat mengobati diare pada bayi.

    Meskipun jus adalah minuman sehat yang kaya vitamin dan nutrisi, sebaiknya tidak memberikan jus murni (tanpa campuran air) saat pertama kali mengenalkan minuman ini pada buah hati anda.

  29. Merawat kesehatan rambut dari dalam
  30. Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, vitamin A juga membantu memproduksi sebum dan minyak di kulit kepala anda yang bertindak sebagai kondisioner alami sekaligus mendorong pertumbuhan rambut sehat.

    Seperti vitamin A, vitamin C dan E adalah antioksidan alami, gunanya memberikan perlindungan untuk rambut anda dari radikal bebas. Selain juga membantu memproduksi kolagen, yang diperlukan untuk produksi rambut baru.

  31. Menjaga kesehatan jantung
  32. Jus wortel mentah mengandung vitamin B1 atau thiamin yang bermanfaat dalam menormalkan fungsi saraf, otot dan menjaga kesehatan jantung.

    Dua jenis vitamin dalam jus wortel yang berperan penting dalam mencegah penyakit jantung adalah vitamin A dan E.

  33. Manfaat jus wortel untuk kulit wajah
  34. Beta karoten merupakan antioksidan alami yang terkandung dalam segelas jus wortel mentah. Tubuh akan lebih mudah menyerap zat antioksidan dari segelas jus karena mempersingkat waktu pencernaan.

    Manfaat minum jus wortel dapat menjaga kesehatan kulit dari dalam sekaligus menghambat proses penuaan berkat antioksidan yang membantu regenerasi sel-sel kulit.


Efek samping jus wortel yang harus diperhatikan

Seperti halnya sayuran lain, wortel sangat baik dikonsumsi karena kaya akan zat gizi dan nutrisi berguna. Namun demikian, konsumsi wortel secara berlebihan atau terlalu banyak dapat menimbulkan efek samping.

Efek samping jus wortel akan muncul jika tubuh mengalami peningkatan asupan beta karoten secara berlebihan dalam waktu yang singkat.

Tanda-tanda efek samping ini adalah kulit berwarna kuning atau oranye. Carotenodermia adalah instilah yang dipakai untuk menamai masalah kesehatan ini.

Jika anda mengalami carotenodermia, segera hentikan minum jus wortel sampai warna kulit normal kembali.

Efek samping carotenodermia jus wortel ditandai kulit berwarna oranye

Konsumsi jus wortel yang disarankan agar tidak muncul efek samping adalah satu gelas (250 ml) per hari.

Umumnya resep jus wortel yang kami sajikan tidak memakai satu jenis bahan saja, namun menggunakan bahan tambahan lain sehingga dalam satu gelas jus wortel mix (campur) jumlah sari wortel yang dipakai tidak mencapai 250 ml.

Manfaat jus wortel memang sangat banyak dan berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi seperti yang sudah kami sebutkan di atas, konsumsi wortel secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping.

Jenis senyawa karotenoid yang disebut beta-karoten akan diolah menjadi vitamin A oleh tubuh. Ketika ada surplus vitamin A secara tiba-tiba, permukaan kulit akan berubah warnanya menjadi oranye. Meskipun tidak membahayakan kesehatan, alangkah baiknya konsumsi jus wortel dibatasi terlebih dahulu.
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar