Resep Jus Untuk Menambah Berat Badan Secara Optimal - Jussehat

Menaikkan berat badan dengan meminum jus buah secara teratur memang bisa menjadi solusi cerdas jika anda pandai memilih aneka resep yang tepat.

Baik jus atau pun smoothies mempunyai kandungan kalori tinggi sehingga mampu menambah bobot tubuh tanpa menimbun lemak berlebih.

Tentu metode ini lebih aman bila dibandingkan mengkonsumsi produk pil, obat-obatan atau pun susu penambah berat badan yang banyak beredar di pasaran.

Anda bisa saja membeli produk kesehatan tersebut, namun pastikan memiliki Izin Edar BPOM dan belum kadaluarsa.

resep jus penambah berat badan

Satu hal yang perlu diingat, mengkonsumsi jus penambah berat bedan tidak berarti menyingkirkan asupan makanan pokok harian.

Keduanya saling mengisi, saling melengkapi sehingga diperoleh asupan kalori, nutrisi, dan protein untuk menaikkan bobot tubuh secara optimal.

Pentingnya asupan gizi dari makanan pokok seperti nasi, daging, dan sayuran sangat dibutuhkan untuk menjalankan metabolisme dalam tubuh.

Asupan cairan terutama air putih juga berperan penting dalam menyalurkan vitamin maupun mineral dari makanan yang anda konsumsi.

Jika bisa, luangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan secara teratur sehingga bobot tubuh yang anda dapatkan tidak hanya tersusun atas timbunan lemak, tetapi juga terbentuknya otot sehingga terlihat berisi.


Daftar Makanan Penambah Berat Badan

Fokus pada makanan yang kaya kalori dengan kandungan nutrisi tinggi. Hindari makanan dengan jumlah kalori rendah yang hanya menyediakan sedikit nilai gizi.

Agar tubuh tidak lesu setelah mengkonsumsi banyak makanan, sebaliknya makan makanan berkalori tinggi yang lambat dalam melepaskan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat.

Makanan sumber karbohidrat :
Oatmeal, nasi, roti, ubi rambat (ketela), biji kacang, kentang, pisang dan sayuran.

Makanan sumber protein :
Daging ayam, daging sapi, susu, telur dan ikan salmon.

Makanan sumber lemak :
Alpukat, kacang dan susu almond, minyak zaitun, dan selai kacang.

Makanan sumber kalori :
Es krim, kismis, dan buah-buahan kering (dried fruit).

Untuk mengolah buah-buahan menjadi jus sehat yang dapat menambah berat badan secara optimal, mulailah dari memilih bahan utama.

Alpukat menempati daftar pertama sebagai buah penambah berat badan karena tinggi akan kandungan kalori. Dalam satu buah alpukat terdapat 322 kalori, 12 mg vitamin C, dan 2,2 gram serat.

Buah ini juga tinggi kandungan lemak tak jenuh tunggal, berguna untuk menyehatkan jantung, mencegah diabetes serta penyakit stroke.

Daftar buah untuk menambah berat badan adalah alpukat, pisang, blueberry, stroberi, kismis kering, mangga, nanas, jeruk manis, dan buah persik.


Aneka Jus Buah Untuk Menaikkan Bobot Tubuh

1. Jus Alpukat Jeruk
Bahan-bahan :
jus alpukat jeruk
  • 1 buah alpukat
  • ¾ gelas orange jus
  • 8 sdm yoghurt

Cara membuat :
Masukkan semua bahan ke dalam blender, proses hingga halus dan tercampur rata. Tuang ke dalam 2 gelas saji. Agar lebih segar, anda bisa menambahkan potongan es batu.

2. Strawberry Banana Smoothie
Bahan-bahan :
smoothie pisang
  • 3 buah stroberi merah
  • ½ buah pisang matang
  • 6 sdm yoghurt plain
  • 2 sdm susu cair
  • 1 sdm selai kacang

Cara mengolah :
Siapkan blender masukkan pisang, susu, dan yoghurt, proses sampai halus. Tambahkan stroberi dan selai kacang, haluskan lagi. Banana smoothie untuk menambah bobot tubuh siap dinikmati.


4.5 from 12 reviews

Jus Buah Pisang Alpukat Susu


 
jus buah pisang penambah berat badan
Persiapan
5 menit
Pengolahan
10 menit
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 1150 kkal

Bahan-bahan :
  • 1 buah pisang
  • ½ buah alpukat
  • 1½ cangkir susu almond
  • 1 sdm cokelat bubuk
  • Sejumput garam laut
Cara membuat :
  1. Kupas buah pisang, iris kecil-kecil agar mudah hancur. Masukkan ke dalam gelas blender.
  2. Tambahkan daging buah alpukat, cokelat bubuk, susu almond, dan sedikit garam. Proses selama 15 - 20 detik sampai halus.
  3. Jika dirasa terlalu kental, anda bisa menambahkan air putih lalu blender lagi.
Catatan :
Agar berat badan bertambah secara cepat dan optimal, atur pola makan serta pola hidup sehat sehari-hari. Pastikan juga anda menyediakan waktu istirahat yang cukup agar kondisi kesehatan tubuh tetap terjaga dan metabolisme bisa berjalan dengan baik.
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar