Inilah Manfaat Jus Wortel Dan Apel Jika Diminum Setiap Hari - Jussehat

Wortel dan apel merupakan jenis buah dan sayuran yang banyak mengandung zat gizi dan zat non-gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Untuk memperoleh zat-zat bermanfaat tersebut, anda bisa mengkonsumsinya langsung atau di buat segelas jus sehat.

Manfaat jus wortel dan apel yaitu mencerahkan kulit, mengobati flu, menyuburkan rahim wanita, menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, menurunkan kolesterol darah, mencegah diabetes dan membantu menurunkan berat badan.

Resep jus wortel dan apel yang akan kami bagikan dibuat menggunakan mesin blender, kami juga menambahkan bahan herbal yaitu jahe dan madu untuk menambah rasa, khasiat serta manfaat sehat yang terkandung dalam jus.

Manfaat minum jus wortel dan apel setiap hari

Wortel dan apel untuk dibuat jus yang kaya manfaat kesehatan


Konsumsi jus wortel campur apel satu porsi per hari sudah cukup untuk memberikan asupan vitamin dan mineral penting bagi tubuh.

Justru aturan minum jus wortel yang baik adalah 1 porsi per hari.

Jika terlalu banyak dapat menyebabkan carotenodermia yaitu warna kulit menjadi kekuningan. Meskipun tidak berbahaya bagi tubuh tetapi alangkah baiknya jika dihindari.

Sebuah wortel ukuran sedang mengandung sekitar 15.000 IU beta karoten.

Beta karoten merupakan jenis zat antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dari munculnya masalah kesehatan dan penyakit.
Sedangkan buah apel merupakan sumber vitamin C, kalium, serat larut (pektin), dan serat tidak larut.

Kombinasi wortel dan apel akan menghasilkan jus sehat yang kaya vitamin, mineral, dan mikronutrien yang berguna bagi kecantikan kulit serta kesehatan tubuh anda.


Manfaat Jus Wortel Dan Apel Jika Diminum Setiap Hari

  1. Membuat kulit cerah bersinar
  2. Bukan rahasia lagi jika minum jus buah dan sayur bermanfaat bagi kesehatan kulit. Jus wortel campur apel salah satunya.

    Wortel mengandung antioksidan beta karoten yang berubah menjadi Vitamin A dalam tubuh kita. Vitamin A membantu membentuk dan menjaga kesehatan kulit.

    Vitamin penting lainnya yang terkandung dalam jus wortel dan apel adalah Vitamin C yang mampu merangsang produksi kolagen di kulit kita.

  3. Mencegah keriput dan menghambat penuaan kulit
  4. Manfaat meminum jus wortel yang dicampur buah apel bagi kecantikan tidak hanya dapat mencerahkan kulit, tetapi juga efektif menghambat munculnya tanda-tanda penuaan.

    Quercetin adalah zat alami dalam apel yang berkhasiat antiradang dan antioksidan kuat yang akan menetralkan radikal bebas sebelum merusak DNA dan komponen penting dalam tubuh termasuk di kulit untuk mencegah keriput.

    Manfaat jus wortel apel untuk kulit

    Jus wortel apel bermanfaat untuk kecantikan kulit

  5. Menyembuhkan flu dan menurunkan panas demam
  6. Kandungan beragam vitamin dan mineral dalam jus wortel apel bermanfaat untuk mengobati flu, menurunkan demam, pilek, dan memperbaiki nafsu makan.

    Khususnya pada anak-anak, meminum segelas jus sehat merupakan cara paling manjur untuk memberikan asupan nutrisi penting dari buah dan sayuran.

  7. Menyuburkan rahim dan memperbaiki kesuburan wanita
  8. Satu buah apel memiliki kandungan antioksidan 5 kali lebih banyak dibandingkan buah pisang.

    Minum jus wortel campur apel sangat bermanfaat bagi wanita yang sedang menjalankan promil (program hamil). Jus penyubur rahim dari wortel dan apel akan lebih berkhasiat jika ditambahkan 1 bahan lagi yaitu tomat.

  9. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  10. Buah apel mengandung Pektin yaitu serat larut yang bermanfaat menghambat penyerapan kolesterol sehingga kadarnya di dalam darah menurun.

    Sementara wortel mengandung Kalsium pektat yaitu jenis serat larut yang mampu membuat LDL (kolesterol jahat) anda turun.

    Manfaat jus apel dan wortel dapat menurunkan kolesterol

    Manfaat jus apel dan wortel dapat menurunkan kolesterol

    Jadi, manfaat minum jus wortel dan apel bagi kesehatan adalah menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

  11. Mencegah dan mengobati diabetes
  12. Diabetes atau kencing manis terjadi karena kadar gula dalam darah (glukosa) meningkat naik akibat pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh.

    Buah-buahan seperti apel mengandung serat larut air yang disebut Pektin yang berperan penting dalam memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat sehingga dapat membatasi pelepasan hormon insulin untuk metabolisme karbohidrat.

    Baca juga : 5 Resep Jus Untuk Penderita Diabetes Melitus

  13. Mengatasi sembelit susah buang air besar
  14. Berkat tingginya kandungan serat dalam wortel dan apel, jus sehat dari kedua bahan ini berkhasiat meningkatkan kontraksi usus sehingga mempermudah BAB dan mengatasi sembelit.

  15. Jus wortel dan apel bermanfaat bagi ibu hamil
  16. Apel kaya serat, sumber vitamin A, vitamin C, dan potasium yang baik untuk ibu hamil.

    Dalam jus wortel campur apel terkandung Vitamin C untuk menjaga kesehatan otak bayi dan melindungi janin dari masalah kesehatan pernapasan, dan Kalium untuk mendukung kesehatan jantung ibu hamil dan janin.

    Baca juga : 3 Resep Jus Apel Untuk Ibu Hamil Yang Kaya Manfaat Kesehatan Bagi Bunda Dan Bayi

  17. Membantu menurunkan berat badan berlebih
  18. Kandungan kalori yang tergolong rendah dalam secangkir jus wortel (53 kkal) dipadu dengan komposisi serat dan air yang ideal dapat membantu menangkap kelebihan lemak di usus kemudian membuangnya melalui usus besar.

    Mikronutrien dan serat pada buah apel bisa memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga menurunkan keinginan makan. Itulah mengapa jus apel baik untuk diet menurunkan berat badan.



Cara Membuat Jus Wortel Dan Apel Yang Benar Agar Rasanya Enak

Agar rasa jus wortel apel lebih enak untuk diminum, anda bisa menambahkan satu bahan herbal yang mampu menambah cita rasa jus yaitu jahe.

Jahe merupakan bahan herbal yang berkhasiat untuk kesehatan seperti melancarkan aliran darah, menurunkan hipertensi, memperbaiki sistem pencernaan tubuh, mencegah penggumpalan darah yang merupakan penyebab utama stroke dan serangan jantung.

Jadi, jangan ragu untuk menambahkan jahe ke dalam jus wortel dan apel buatan anda.



5 from 10 reviews

Jus Wortel Dan Apel

Oleh : Ahlun Naja
 
Resep Jus Wortel Dan Apel
Persiapan
10 menit
Pengolahan
10 menit
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 186 kkal
Bahan-bahan :
  • 10 cm wortel
  • 1 buah apel
  • 12 cm jahe
  • 1 sdm madu
  • 1 gelas air
  • Potongan es batu
Cara membuat jus wortel apel :
  1. Memarkan jahe kemudian rebus dengan 1 gelas air, setelah mendidih ambil 150 ml air jahe.
  2. Masukkan wortel dan air jahe ke dalam blender, haluskan.
  3. Tambahkan apel, madu, dan es batu. Blender lagi hingga halus.
  4. Sajikan jus segera atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.
Catatan :
Manfaat jus wortel dan apel yaitu mencerahkan kulit, mengobati flu, menyuburkan rahim wanita, menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, menurunkan kolesterol darah, mencegah diabetes dan membantu menurunkan berat badan.

Jus wortel yang dicampur apel memang mengandung banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Mulai dari merawat kesehatan dan kecantikan kulit sampai membantu menurunkan berat badan.

Namun demikian agar khasiat di dalam jus bisa optimal dan tidak berkurang, minumlah jus segera setelah selesai dibuat. Jika ingin disimpan, simpanlah jus dalam wadah kedap udara maksimal 1 x 24 jam agar kandungan nutrisinya tidak berkurang.
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar