Jus Terong Belanda Mix Bayam Untuk Menurunkan Lemak Darah - Jussehat

Salah satu manfaat terong belanda adalah untuk menurunkan lemak di dalam darah yang disebut dengan kolesterol dan trigliserida.

Hal ini berkat zat gizi dan fitokimia tertentu yang berperan menurunkan kadar lipida darah seperti serat larut air dan vitamin C.

Cara membuat jus terong belanda yang enak, tidak pahit dan kaya akan khasiat kesehatan sebaiknya memakai bahan mix (campuran) buah-buahan maupun sayuran.

Olahan resep jus sehat dari terong belanda kali ini menggunakan bahan mix juice berupa sari delima, sari jeruk dan sayuran bayam.

Selain menambah cita rasa juice, bahan-bahan tersebut kaya zat gizi yang berguna untuk menurunkan kadar lemak darah.

Jus terong belanda penurun kolesterol darah

Jus terong belanda bermanfaat menurunkan kolesterol darah


Buah terong belanda (Tamarillo) dikenal juga dengan nama tomat pohon (tree tomato). Ada yang berwarna kuning dan ada yang merah. Daging buahnya berwarna oranye dengan biji berwarna hitam yang bisa dimakan.

Rasa terong belanda yang sudah matang adalah asam manis, sedangkan kulitnya cenderung pahit sehingga jarang dikonsumsi.


Manfaat Terong Belanda Untuk Menurunkan Kolesterol Dan Trigliserida

Pahamilah! Di dalam darah terkandung dua jenis lemak yang sejatinya berguna bagi tubuh untuk menjalankan metabolisme. Kolesterol dan trigliserida adalah dua jenis lemak darah tersebut.

Namun sayangnya pola hidup dan pola makan sehari-hari yang tidak sehat menyebabkan naiknya lemak darah. Apabila hal ini dibiarkan, maka semakin buruk keadaan dan tingkat kesehatan seseorang.

Mengapa lemak darah yang tinggi buruk bagi kesehatan?
Tingginya lemak darah akan membentuk plaque (plak) pada pembuluh darah yang kemudian menjadi sumbatan. Serangan jantung dan stroke merupakan dua contoh masalah kesehatan yang bisa muncul akibat terjadinya sumbatan dalam pembuluh darah.


Jus terong belanda bermanfaat menurunkan lemak darah
Jus sehat dari buah-buahan dan sayuran memiliki zat gizi, mineral, dan fitokimia tertentu yang berguna bagi kesehatan, termasuk menurunkan kadar kolesterol darah.

Terong belanda sudah dibelah

Terong belanda yang sudah dibelah terlihat bijinya


  • Terong belanda merupakan sumber antioksidan alami, serat di dalamnya memiliki khasiat untuk mengontrol kadar lipida darah sekaligus mencegah penyerapan kolesterol berlebih.
  • Daun bayam merupakan sumber serat larut air dan vitamin C paling tinggi dibandingkan jenis sayur hijau lainnya.
  • Buah delima mengandung fitosterol (kolesterol baik HDL) yang bermanfaat untuk menghambat penyerapan kolesterol jahat LDL di usus dan meningkatkan pengeluaran cairan empedu yang berbahan dasar lemak darah.
  • Buah jeruk mengandung fitokimia yang disebut limonin, fungsinya sebagai penurun kadar kolesterol dalam darah.

4.5 from 7 reviews

Jus Terong Belanda Mix Bayam


 
jus terong belanda mix bayam
Persiapan
Pengolahan
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 174.6 kkal

Bahan-bahan :
  • 50 g terong belanda
  • 1 genggam daun bayam
  • 100 g buah delima
  • 100 g buah jeruk
Cara membuat jus terong belanda :
  1. Ambil sari buah delima dan jeruk memakai alat juicer atau diperas secara manual.
  2. Siapkan mesin blender, masukkan daun bayam, terong belanda, sari delima dan sari jeruk.
  3. Blender beberapa saat hingga halus.
  4. Siapkan gelas saji. Tuangkan jus terong belanda ke dalamnya.
  5. Sajikan dengan tambahan es batu jika suka atau simpan beberapa saat di lemari pendingin agar lebih segar.
Catatan :
Berkat kandungan vitamin, mineral, dan zat gizi berlimpah di dalamnya, jus terong belanda memiliki manfaat untuk menurunkan kadar lemak darah (kolesterol dan trigliserida) sehingga mampu mencegah stroke dan serangan jantung.
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar