Mix Jus Untuk Diet Berbahan Buah-Buahan Alami - Jussehat

Prinsip utama untuk menurunkan berat badan secara sehat adalah membakar lemak sebanyak mungkin tanpa harus kehilangan jaringan otot dan air.

Ketika seseorang meminum jus untuk diet maka untuk mencukupi kebutuhan energi hariannya, tubuh akan mengambil simpanan energi dalam bentuk glikogen dan lemak bawah kulit.

Mix jus buah tertentu mengandung zat gizi dan fitokimia yang terbukti bisa mempercepat pembakaran lemak sehingga baik digunakan untuk terapi diet sehat.

Jus untuk diet berbahan buah-buahan

Gambar jus untuk diet berbahan buah-buahan


Buah-buahan super sehat seperti apel, semangka, pepaya, dan nanas mempunyai fitokimia sekaligus zat gizi untuk memberikan asupan air serta mikro nutrien yang nyatanya sangat dibutuhkan oleh mereka yang sedang menjalankan diet penurunan berat badan.

Resep jus untuk diet berbahan buah-buahan di atas akan menjaga tubuh tetap segar bugar dan menjauhkan keluhan lemas atau kurang berenergi.

Agar memperoleh hasil sesuai yang diharapkan, alangkah baiknya anda memperhatikan beberapa tips pola hidup sehat berikut ini :
  1. Biasakan menyantap makanan secara perlahan dan jangan terburu-buru. Tujuannya agar makanan bisa hancur secara sempurna sehingga zat gizi yang dibutuhkan untuk membakar lemak bisa diserap optimal.
  2. Biasakan memulai hari dengan minum air putih 1 - 2 gelas setelah bangun tidur sebelum mandi pagi atau sarapan.
  3. Menyusun jadwal menu makan dalam satu hari akan membantu mengontrol asupan karbohidrat harian anda.
  4. Untuk membatasi nafsu makan, biasakan meletakkan makanan hanya di dapur dan ruang makan, bukan di tempat lain.
  5. Segera singkirkan makanan sisa, batasi konsumsi kulit ayam dan jeroan karena tinggi lemak.
  6. Hindari pergi belanja saat perut lapar karena bisa memicu keinginan membeli jajanan. Pastikan selalu mencatat barang yang akan dibeli sebelum berbelanja.
  7. Perlukah melakukan olahraga? Ya! Pastinya sangat perlu karena berguna untuk metabolisme tubuh sekaligus membantu membuang sisa gula, lemak darah dan toksin lewat keringat (detoksifikasi).
  8. Jangan hanya menimbang berat badan. Ukur juga lingkar perut, lingkar paha, dan lingkar lengan untuk mengetahui kemajuan program diet anda.

4 Jenis Buah Untuk Jus Diet Beserta Keunggulannya

Beberapa waktu lalu kami pernah menulis resep jus bayam untuk membantu melangsingkan tubuh.

Pada resep tersebut, kami memakai 3 jenis buah sebagai campuran jus diet detox yaitu apel, semangka, dan nanas.

Silahkan lihat resep selengkapnya pada artikel : Resep Jus Bayam Untuk Diet Sehat

  • Buah apel mempunyai kandungan energi yang rendah, akan tetapi kaya serat sehingga berguna untuk memberikan rasa kenyang lebih lama.
  • Buah nanas mengandung dua jenis zat asam yaitu asam malat dan asam sitrat, kedua zat tersebut berkhasiat untuk mempercepat pembuangan lemak tubuh.
  • Buah semangka mengandung kombinasi maut antara gula dan air dengan komposisi tepat sehingga bermanfaat menekan nafsu makan.
  • Buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat memecah protein menjadi asam amino Arginin. Jenis asam amino ini berkhasiat untuk mengurangi penumpukan lemak dan menjaga kesehatan otot.

Sebagai bahan unggulan dalam jus buah untuk diet, pepaya mempunyai kandungan 4,75 gram serat total per 100 gram bahan. Jenis serat pada buah pepaya adalah pektin atau serat tidak larut air.

Asam amino Arginin jus pepaya berguna mengurangi lemak

Asam amino Arginin jus pepaya berguna mengurangi lemak


Dalam tubuh, pektin berperan membentuk gel sehingga meningkatkan volume isi lambung. Efeknya, perut akan merasa kenyang lebih lama seperti halnya konsumsi buah apel.

Tidak hanya tergolong buah yang baik untuk diet, pepaya juga termasuk buah yang tinggi antioksidan.

Tiga antioksidan dalam buah ini adalah betakaroten (provitamin A), vitamin C, dan likopen.

Salah satu peran penting antioksidan bagi kesehatan tubuh yaitu mencegah penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah sehingga terhindar dari serangan jantung dan stroke.

5 from 10 reviews

Mix Jus Buah Untuk Diet


Indonesian
 
Mix Jus Buah Nanas Pepaya Apel Semangka Untuk Diet
Persiapan
Pengolahan
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 199.7 kkal

Mix jus sehat
mix jus, nanas, apel, diet
Bahan-bahan :
  • 180 gram semangka
  • 100 gram pepaya
  • 95 gram buah nanas
  • 85 gram buah apel
  • Air dingin secukupnya
  • Potongan es batu
Cara membuat mix jus buah untuk diet :
  1. Cuci buah secara menyeluruh, gunakan air dingin dan bersih untuk mengurangi risiko kontaminasi yang dapat menyebabkan penyakit akibat makanan.
  2. Gunakan mesin juicer atau juice extractor untuk mendapatkan sari buah semangka dan nanas.
  3. Tidak ada juicer? Tidak masalah. Gunakan cara sederhana berikut ini :

  4. Blender buah semangka dan nanas dengan tambahan air secukupnya.


    Kemudian, pisahkan jus dari ampasnya dengan menuangkan jus melalui saringan santan, saringan kopi atau kain tipis ke dalam wadah lalu buang ampasnya.


    Jika perlu, tekan saringan menggunakan sendok atau peras kain untuk mendapatkan sari sebanyak mungkin.

  5. Masukkan sari buah semangka dan nanas, kemudian potongan apel dan pepaya ke dalam blender. Hidupkan blender, proses sampai halus dan tercampur rata.
  6. Sajikan segera dengan es batu atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.
Catatan :
Mix jus buah untuk diet dari semangka, nanas, apel dan pepaya bisa dijadikan sebagai pengganti makan selingan atau pengganti sebagian dari makanan utama
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar