Cara Membuat Minuman Detox Lemon Campur Bayam - Jussehat

Proses detoksifikasi bertujuan untuk membersihkan racun maupun kotoran polusi berbahaya yang tertimbun dalam tubuh.

Salah satu metode yang mampu membuang racun tersebut adalah dengan mengkonsumsi minuman detox secara teratur.

Meskipun cara membuatnya mudah dan sederhana, anda harus memperhatikan aturan dasar seperti waktu, komposisi bahan-bahan serta pola makan yang tepat agar khasiat minuman sehat tersebut bisa diserap secara maksimal oleh metabolisme tubuh.

Bahan buah yang bagus untuk membuat minuman detox adalah jeruk lemon, apel, pepaya, buah bit, semangka, alpukat, dan anggur. Untuk resep jus detoks memakai bahan utama buah bit, kami sudah pernah membagikan aneka resepnya di artikel ini.

Sedangkan sayuran yang baik untuk membersihkan racun dalam tubuh adalah wortel, seledri, brokoli, bayam, lobak, dan paprika merah.

cara membuat minuman detox

Seperti yang sudah diketahui, manfaat detoksifikasi adalah membuang mineral beracun yang tersimpan dalam organ-organ tubuh.

Mineral-meneral tersebut bisa tertimbun dan menumpuk akibat asupan makanan cepat saji, polusi lingkungan atau sisa-sisa metabolisme yang tidak diolah dengan sempurna.

Proses pembersihan racun dan kotoran ini sangat berguna bagi anda yang akan menjalankan program diet atau pun sekedar untuk merawat kesehatan tubuh.

Banyaknya zat asing yang tidak berguna dapat berubah menjadi sampah, apabila dibiarkan maka sampah-sampah tersebut akan mengganggu proses metabolisme.

Efeknya, penyerapan zat gizi, vitamin, serta mineral menjadi terganggu akibat aktivitas hormon dan enzim tidak berjalan lancar.

Oleh karena itulah melakukan detox merupakan suatu langkah awal yang penting untuk memastikan anda memperoleh bobot tubuh ideal setelah menjalankan serangkaian program diet sehat.


Aturan dasar saat melakukan detoksifikasi tubuh :

  1. Selama proses pembersihan, hindari mengkonsumsi makanan cepat saji dan perbanyak minum air putih.
  2. Hindari membuat jus detox dengan tambahan gula, garam, atau es batu.
  3. Ketika pembersihan, minumlah jus pada saat kondisi perut kosong untuk memaksimalkan penyerapan mineral.
  4. Jika mengkonsumsi jus pada siang hari, sebaiknya membuat jus dengan komposisi bahan buah lebih banyak untuk membantu memecah racun dalam tubuh.
  5. Jika meminum jus pada sore atau malam, buatlah jus dengan komposisi sayuran lebih banyak karena banyak mengandung basa (alkaline) dan mineral. Ini sangat baik untuk membantu membangun kembali sel-sel tubuh dan mempersiapkan tubuh untuk beristirahat.

Cara mengolah lemon menjadi minuman detoksifikasi yang enak, segar, dan pastinya sehat bisa dilakukan dengan menambahkan campuran bahan buah maupun sayuran lain.

Tujuannya agar asupan mineral yang berguna untuk membuang racun lebih beragam sehingga hasilnya lebih optimal.

4.5 from 9 reviews

Minuman Detox Lemon Campur Bayam


 
Minuman Detox Lemon Campur Bayam
Persiapan
Pengolahan
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 111 kkal

Bahan-bahan :
  • ½ jeruk lemon
  • 1 buah apel hijau
  • 3 lembar daun bayam
  • 1 ½ cm jahe segar
Cara membuat jus detox lemon :
  1. Kupas jahe dan peras air jeruk lemon. Masukkan ke dalam blender.
  2. Tambahkan apel, bayam, dan sedikit air.
  3. Blender hingga halus dan tercampur rata. Saring jus.
  4. Minum juice detox ini selagi segar.
Catatan :
Jika memungkinkan, segara minum jus detox lemon buatan anda sampai habis dan jangan disimpan terlalu lama di tempat terbuka karena mineral penting di dalamnya bisa rusak oleh oksigen.
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar