Ini Dia 11 Resep Jus Brokoli Enak Yang Kaya Nutrisi Bermanfaat - Jussehat

Resep jus brokoli yang enak bisa dibuat secara sederhana dengan bahan mix atau campuran buah-buahan dan sayuran tertentu. Bahan-bahan seperti buah jeruk, nanas, stroberi, pisang, apel dan buah bit akan menambah cita rasa juice brokoli.

Sedangkan untuk sayuran, jus brokoli hijau paling cocok dicampur wortel, mentimun, dan bayam. Menurut penelitian, manfaat minum jus brokoli dan wortel adalah mencegah dan mengatasi mata minus berkat kandungan zat antioksidan dan vitamin A di dalamnya.

Bagi anda yang bermasalah dengan berat badan, jus brokoli campur apel wortel sangat baik untuk diet karena mengandung zat pembakar lemak dan penekan nafsu makan.

Masih banyak manfaat jus brokoli mentah bagi kesehatan selain untuk mata dan untuk diet. Ini berkat kandungan beragam zat gizi dan fitonutrien yang terkandung dalam sayur brokoli.

Resep aneka cara membuat jus brokoli yang enak bermanfaat

Cara membuat jus brokoli agar enak adalah dicampur mix bahan buah


Jus brokoli bisa saja dibuat tanpa bahan campuran buah dan sayur. Tetapi rasanya kurang bersahabat di lidah, membosankan dan tampilannya kurang menarik.

Oleh karena itulah, resep-resep cara membuat jus brokoli yang kami bagikan menggunakan mix buah dan sayur agar rasanya enak sekaligus lebih kaya nutrisi bermanfaat.

Cara memilih brokoli yang enak dibuat jus :
  • Pilih brokoli yang warnanya hijau gelap dan batangnya masih keras atau tidak lembek.
  • Pilih yang kering dan tidak berair karena air pada sela-sela brokoli akan menyebabkan cepat membusuk.
  • Kenali kebusukan brokoli melalui baunya.
  • Jangan membeli brokoli dengan bercak kekuningan atau kehitaman.
  • Ingat! Brokoli yang disimpan di lemari pendingin hanya tahan sampai 4 hari saja.

Aneka jus sehat dari buah dan sayur termasuk juga broccoli juice, dibuat memakai mesin blender untuk mendapatkan juice dengan seratnya. Jika ingin mendapatkan juice tanpa serat (sari buah dan sayur), gunakan mesin juicer atau juice extractor.

Menurut pengalaman kami, cara membuat jus brokoli agar rasanya enak dan kaya manfaat bagi kesehatan adalah dengan menggunakan kombinasi mesin blender dan juicer. Tentu pemilihan bahan mix campuran yang cocok sesuai resep sangat menentukan hasil jus yang dibuat.


Manfaat Jus Brokoli Bagi Kesehatan Yang Sungguh Mengagumkan

  1. Jus brokoli baik untuk diet menurunkan berat badan
  2. Kombinasi vitamin C, mineral kalsium dan kromium pada brokoli terbukti melalui penelitian dapat mendorong penurunan berat badan.

    Resep jus brokoli untuk diet bisa dibuat secara sederhana dengan mesin blender. Penambahan bahan campuran berupa buah apel dan wortel akan membantu menekan nafsu makan serta meningkatkan metabolisme pengeluaran lemak.

  3. Meningkatkan kecerdasan otak dalam berpikir
  4. Jus brokoli mengandung komponen penting untuk meningkatkan kecerdasan dengan mengoptimalkan kinerja otak yaitu vitamin C, zink, zat besi, protein dan asam folat.

  5. Mencegah dan mengobati penyakit kanker
  6. Kandungan fitokimia dalam sayur brokoli bermanfaat untuk sistem imun dan bersifat anti kanker, terutama jenis kanker payudara, serviks, lambung, dan prostat dengan cara menghambat perkembangan sel-sel kanker tersebut.

    Jus brokoli untuk kanker lebih ampuh jika dicampur buah apel dan bawang putih mentah agar supaya kandungan zat anti kanker dalam jus lebih lengkap.

  7. Menjaga kesehatan jantung, jaringan otot, kulit, dan saraf
  8. Kandungan protein dalam sayur brokoli serupa dengan jagung dan beras, tetapi kaya akan vitamin C, K, beta karoten, asam folat, kalsium, zat besi dan serat.

    Komposisi zat gizi tersebut terbukti baik bagi kesehatan jantung, jaringan otot, kulit dan sistem saraf.

  9. Menjaga kesehatan mata dan mengobati mata minus
  10. Jus brokoli dan jus wortel mengobati mata minus

    Jus brokoli dan wortel mengandung Beta karotenoid : Lutein, fungsinya untuk menghambat degenerasi (penurunan fungsi) sel mata akibat oksidasi.

    Manfaat jus brokoli wortel untuk mata juga mampu meringankan gangguan mata minus berkat zat antioksidan di dalamnya yang berkhasiat memperbaiki kerusakan sel-sel mata.

  11. Minum jus brokoli bermanfaat merawat kesehatan lambung
  12. Senyawa anti kanker yang disebut Sulforaphane pada jus sayur brokoli mentah terbukti efektif melenyapkan kuman penyebab tukak (ulkus) lambung dan mencegah munculnya kanker lambung.

  13. Memelihara kesehatan hati dan membantu kerja hati
  14. Jus brokoli mix pisang nanas mengandung komponen bioaktif fitokimia, karbohidrat mudah cerna dan enzim bromelin yang berkhasiat menjaga kesehatan hati sekaligus mengoptimalkan fungsi hati dalam melakukan metabolisme zat gizi dan detoksifikasi zat sisa metabolisme.

  15. Menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis
  16. Nilai vitamin K tinggi ditambah mineral kalsium pada sayur brokoli sangat berguna untuk proses mineralisasi tulang.

    Rasio nilai kalsium yang lebih tinggi dibandingkan asam oksalat menjadikan kalsium dalam brokoli dapat diserap dengan sempurna oleh tulang.

    Jus nanas yang dicampur brokoli hijau mengandung kombinasi mineral kalsium, fosfor vitamin K, dan vitamin C dalam jumlah proporsional sehingga bermanfaat untuk menguatkan tulang sekaligus mencegah osteoporosis.

  17. Membantu proses detoksifikasi racun dalam tubuh
  18. Menurut hasil sejumlah penelitian, zat anti kanker Sulforaphan berkhasiat sebagai antioksidan alami dan menstimulasi produksi enzim yang bekerja untuk proses detoksifikasi senyawa beracun dalam tubuh.

    Minum jus detoks selama 3 – 7 hari sangat direkomendasikan sebelum menjalankan terapi jus untuk diet agar tubuh lebih siap lebih bersih sehingga penyerapan nutrisi penurun berat badan bisa optimal.

  19. Menutrisi ibu hamil dan janin dalam kandungan
  20. Manfaat jus brokoli untuk ibu hamil adalah mencegah anemia, memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan ibu.

    Nutrisi tersebut adalah asam folat untuk mencegah cacat tabung otak, kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta beragam jenis vitamin untuk menunjang pertumbuhan janin.

    Jus brokoli untuk ibu hamil bisa dibuat dengan campuran buah strawberry, bubuk kacang kenari dan madu agar kandungan nutrisinya lebih lengkap.

  21. Membantu promil dengan meningkatkan kesuburan
  22. Minum jus brokoli baik untuk promil karena mengandung komponen penting yang bermanfaat untuk kesuburan yaitu protein, vitamin A, B6, C, D, E dan zat besi.

    Olahan jus brokoli untuk kesuburan sebaiknya dicampur bayam, apel hijau, madu dan yoghurt supaya program hamil yang anda jalankan cepat berhasil.

  23. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)
  24. Selain mineral Kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang, jus brokoli juga mengandung mineral Kalium yang berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengatur denyut jantung.

  25. Meningkatkan Hb darah dan mengatasi anemia
  26. Brokoli termasuk sayuran yang baik dibuat jus penambah darah. Kandungan asam folat, zat besi, vitamin C dan protein di dalamnya bermanfaat untuk pembentukan sekaligus pematangan sel darah merah.

    Jus brokoli mix timun bawang putih mengandung kombinasi zat gizi penambah darah dengan membantu pembentukan sel darah merah. Zat gizi tersebut berupa asam folat, zat besi, vitamin C, protein, magnesium dan vitamin B6.

  27. Mengontrol kadar glukosa darah agar tidak terlalu tinggi atau rendah
  28. Kadar glukosa darah (gula darah) yang tinggi merupakan indikator seseorang menderita diabetes mellitus. Jus brokoli mengandung mineral Magnesium yang berperan penting dalam transpor glukosa ke dalam sel dan kofaktor enzim untuk oksidasi glukosa.



Aneka Resep Jus Brokoli Mix Yang Enak Dan Kaya Nutrisi


1. Jus Brokoli Mentah

Resep untuk 1 porsi
Resep jus brokoli mentah

Bahan-bahan :
  • 50 g kuntum brokoli (tanpa batang)
  • 1 sdm madu
  • 150 ml air putih
  • Es batu secukupnya

Cara membuat jus brokoli mentah :
  • Cuci brokoli secara menyeluruh, gunakan air dingin dan bersih untuk mengurangi risiko kontaminasi yang dapat menyebabkan penyakit akibat makanan.
  • Setelah dicuci bersih, seduh brokoli dengan air panas. Diamkan sebentar.
  • Masukkan brokoli dan air dingin ke dalam blender. Haluskan.
  • Tuang jus ke dalam gelas, tambahkan madu. Aduk rata.
  • Sajikan segera dengan es batu atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.
  • Resep jus sehat dari sayur brokoli mentah ini mengandung 50 kkal energi, 28 mg kalsium, 43 mg vitamin C dan 45 mcg asam folat.

2. Jus Brokoli Campur Apel Wortel

Resep untuk 1 porsi
Jus Brokoli Campur Apel Wortel

Bahan-bahan :
  • ½ gelas potongan brokoli hijau
  • 1 buah apel hijau
  • 10 - 15 cm wortel
  • 1 - 2 sdm madu
  • 100 ml air es
  • Potongan es batu

Cara membuat jus brokoli campur apel wortel :
  • Cuci bersih brokoli, potong kecil-kecil. Masukkan ke dalam blender bersama wortel dan air es.
  • Blender hingga halus.
  • Cuci buah apel, potong-potong lalu masukkan ke dalam blender. Tambahkan madu dan es batu, blender lagi sampai halus.
  • Tuangkan jus ke dalam gelas saji, segera diminum.
  • Resep jus brokoli yang dicampur buah apel dan wortel bermanfaat untuk diet dengan membantu mengurangi penumpukan lemak. Kombinasi nutrisi di dalamnya juga terbukti ampuh mengontrol kadar gula darah sehingga baik untuk terapi mencegah dan mengatasi diabetes mellitus atau kencing manis.

3. Jus Brokoli Mix Buah Jeruk

Resep untuk 1 porsi
Jus Brokoli Mix Buah Jeruk

Bahan-bahan :
  • 100 g brokoli
  • 4 buah (200 g) jeruk
  • Air dingin secukupnya
  • Potongan es batu

Cara membuat jus brokoli mix jeruk :
  • Ambil sari brokoli menggunakan juicer atau dapat juga menggunakan blender dengan tambahan sedikit air, kemudian saring ampasnya.
  • Belah buah jeruk kemudian peras airnya.
  • Campur sari brokoli dan air jeruk, aduk rata. Atau bisa juga di blender.
  • Sajikan segera dengan es batu atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.
  • Jus sehat dari sayur brokoli mentah mix buah jeruk mengandung zat besi, zink, asam folat, vitamin C dan protein yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak.

4. Jus Brokoli Untuk Kanker

Resep untuk 1 porsi
Jus sehat anti kanker

Bahan-bahan :
  • 100 g brokoli hijau
  • 1 buah (200 g) apel
  • 2 siung bawang putih
  • Air dingin secukupnya

Cara membuat jus brokoli untuk kanker :
  • Cuci brokoli dan apel secara menyeluruh, gunakan air dingin dan bersih untuk mengurangi risiko kontaminasi yang dapat menyebabkan penyakit akibat makanan.
  • Ambil sari brokoli, sari buah apel dan sari bawang putih menggunakan juicer atau dapat juga menggunakan blender dengan tambahan sedikit air, kemudian saring ampasnya.
  • Siapkan gelas saji, tuang jus ke dalamnya.
  • Sajikan segera atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.

5. Jus Brokoli Dan Wortel Untuk Mata

Resep untuk 1 porsi
Resep jus brokoli wortel

Bahan-bahan :
  • ½ gelas potongan brokoli
  • 10 – 15 cm wortel
  • 1 – 2 sdm madu
  • 100 ml air dingin
  • Potongan es batu secukupnya

Cara membuat jus brokoli wortel :
  • Cuci brokoli dan wortel secara menyeluruh, gunakan air dingin dan bersih untuk mengurangi risiko kontaminasi yang dapat menyebabkan penyakit akibat makanan.
  • Potong-potong wortel dan brokoli, kemudian masukkan ke dalam blender. Tambahkan air dingin, haluskan.
  • Masukkan madu dan es batu. Blender sekali lagi hingga halus dan tercampur rata.
  • Sajikan jus segera dengan es batu atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.
  • Selain bermanfaat untuk mata, manfaat minum jus brokoli wortel adalah mencegah kanker, menutrisi tulang, merawat kulit dan rambut, meningkatkan kerja otak, membantu proses detoks pengeluaran racun dari dalam tubuh.

6. Jus Brokoli Mix Pisang Nanas

Resep untuk 1 porsi
Jus Brokoli Mix Pisang Nanas

Bahan-bahan :
  • 100 g brokoli
  • 1 buah (50 g) pisang
  • 1 potong (100 g) nanas
  • 1 sdt kismis untuk topping
  • Air dingin secukupnya

Cara membuat jus brokoli mix :
  • Ambil sari sayur brokoli dan sari buah nanas menggunakan juicer atau dapat juga menggunakan blender dengan tambahan sedikit air, kemudian saring ampasnya.
  • Masukkan sari brokoli, sari nanas dan buah pisang ke dalam blender.
  • Hidupkan blender, proses sampai halus dan tercampur rata.
  • Sajikan segera dengan topping kismis atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.

7. Jus Nanas Campur Brokoli

Resep untuk 2 porsi
Jus nanas campur brokoli

Bahan-bahan :
  • 100 g brokoli
  • 3 potong (300 g) nanas
  • Air dingin secukupnya
  • Potongan es batu

Cara membuat jus :
  • Ambil sari buah nanas dan sari brokoli menggunakan juicer atau dapat juga menggunakan blender dengan tambahan sedikit air, kemudian saring ampasnya.
  • Sajikan dalam gelas, tambahkan potongan es batu agar jus lebih segar.
  • Jus brokoli campur nanas mengandung 88 mg kalsium, 88 mg fosfor dan 135 mg vitamin C sehingga berkhasiat menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang).

8. Jus Brokoli Untuk Ibu Hamil

Resep untuk 2 porsi
Jus Brokoli Untuk Ibu Hamil

Bahan-bahan :
  • 300 g stroberi
  • 100 g brokoli
  • 50 g bubuk kacang kenari
  • 1 sdm madu
  • 100 ml air dingin

Cara membuat jus brokoli untuk ibu hamil :
  • Cuci buah stroberi dan sayur brokoli secara menyeluruh, gunakan air dingin dan bersih untuk mengurangi risiko kontaminasi yang dapat menyebabkan penyakit akibat makanan.
  • Masukkan semua bahan ke dalam blender.
  • Hidupkan blender, proses sampai halus dan tercampur rata.
  • Sajikan segera dengan es batu atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.

9. Jus Brokoli Untuk Kesuburan

Resep untuk 2 porsi
Jus Brokoli Untuk Kesuburan

Bahan-bahan :
  • 50 g bayam, petik daunnya
  • 50 g brokoli, potong-potong
  • 300 g apel hijau, buang bijinya
  • 1 sdm madu
  • 50 ml yoghurt rendah lemak
  • 50 ml air dingin

Cara membuat jus brokoli untuk kesuburan :
  • Cuci brokoli, bayam dan apel hijau secara menyeluruh, gunakan air dingin dan bersih untuk mengurangi risiko kontaminasi yang dapat menyebabkan penyakit akibat makanan.
  • Masukkan semua bahan ke dalam blender.
  • Hidupkan blender, proses sampai halus dan tercampur rata.
  • Sajikan segera selagi dingin atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.

10. Jus Brokoli Mix Timun Bawang Putih Untuk Tambah Darah

Resep untuk 2 porsi
Jus brokoli mix untuk penambah darah

Bahan-bahan :
  • 300 g brokoli hijau, potong-potong
  • 200 g mentimun, potong-potong
  • 1 siung bawang putih, cincang kasar
  • 1 sdm madu
  • 100 ml air dingin

Cara membuat jus brokoli mix untuk tambah darah :
  • Cuci brokoli dan mentimun secara menyeluruh, gunakan air dingin dan bersih untuk mengurangi risiko kontaminasi yang dapat menyebabkan penyakit akibat makanan.
  • Masukkan semua bahan ke dalam blender.
  • Hidupkan blender, proses sampai halus dan tercampur rata.
  • Sajikan segera selagi dingin atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.



5 from 8 reviews

Jus Brokoli Campur Bit Wortel

Oleh : Ahlun Naja
 
Jus Brokoli Campur Bit Wortel
Persiapan
10 menit
Pengolahan
10 menit
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 204 kkal
Bahan-bahan :
  • 100 g brokoli
  • 200 g buah bit
  • 200 g wortel
  • Air dingin secukupnya
Cara membuat jus brokoli campur :
  1. Cuci brokoli, bit dan wortel sampai bersih, kemudian kupas buah bit dan wortel.
  2. Masukkan semua bahan ke dalam juicer atau juice extractor, ambil sarinya.
  3. Jika memakai blender, tambahkan air dingin secukupnya kemudian saring dan pisahkan ampasnya.
  4. Sajikan jus segera atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.
Catatan :
Resep jus brokoli campur buah bit dan wortel berkhasiat untuk detoksifikasi yaitu pembersihkan racun, radikal bebas dan sisa metabolisme yang tertimbun dalam tubuh, baik juga untuk kesehatan mata, memperbaiki kesuburan pasutri dan kaya zat anti kanker.

Resep-resep jus brokoli dibuat dengan bahan-bahan pilihan sehingga menghasilkan segelas jus sayur sehat yang tidak hanya kaya nutrisi, tetapi juga enak diminum. Mulai sekarang, jangan ragu membuat sendiri jus sayur brokoli.
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar