19 Manfaat Jus Tomat Untuk Pria, Wanita Dan Anak-Anak - Jussehat

Buah tomat mengandung sejumlah Likopen yang berkhasiat anti-kanker. Khasiat anti-kanker tersebut akan meningkat jika direbus dahulu sebelum diolah menjadi jus buah.

Tidak hanya berkhasiat untuk melawan kanker, manfaat jus tomat bagi kesehatan baik untuk pria, wanita maupun anak-anak sangat lah banyak.

Jika disebutkan satu per satu, manfaat tersebut bisa dipastikan lebih dari 19. Namun berdasarkan hasil riset tim Jussehat.com 19 manfaat minum jus tomat berikut ini sudah terbukti dan teruji kebenarannya.

Meminum segelas jus tomat setiap hati baik di pagi hari, siang hari atau pun malam hari terbukti baik bagi kesehatan tubuh secara umum.

Manfaat jus tomat untuk pria, wanita, dan anak

Bagi wanita, minum jus tomat setiap hari sangat bermanfaat bagi kecantikan.

Berkat vitamin A, vitamin C, dan zat antioksidan lainnya, manfaat minum jus tomat bagi kecantikan adalah merawat kulit wajah dengan mencegah munculnya keriput atau kerutan, menutrisi rambut dari akarnya, dan menjaga berat badan tetap ideal berkat likopen yang dapat membantu melunturkan lemak.

Sebagai zat yang paling diunggulkan dan paling bermanfaat dalam buah tomat, Likopen dapat dikeluarkan dengan maksimal jika direbus.

Merebus tomat sampai kulitnya terkelupas akan memastikan Likopen pada tomat keluar secara maksimal.


Inilah 19 Manfaat Minum Jus Tomat Setiap Hari

  1. Menurunkan resiko kanker prostat hingga 45%
  2. Menurut penelitian besar di Harvard, Amerika yang melibatkan hampir 48.000 peserta, manfaat minum jus tomat bagi pria dapat menurunkan resiko terkena kanker prostat hingga 45%.

  3. Melindungi tubuh dari kanker paru dan jantung koroner
  4. Jus tomat mengandung karotenoid dalam jumlah tinggi yang berkhasiat antioksidan sehingga mampu melindungi tubuh dari penyakit degeneratif seperti kanker dan jantung koroner.

  5. Mencegah munculnya keriput di kulit
  6. Manfaat jus tomat untuk kecantikan wajah bukan lah mitos, melainkan fakta! Buah tomat yang dibuat jus mengandung likopen yang dapat larut dalam lemak sehingga bermanfaat pada proses peremajaan jaringan kulit dan mencegah munculnya keriput atau kerutan di wajah.

    Khususnya wanita, jangan ragu untuk meminum jus tomat di pagi hari!

  7. Membantu detoksifikasi dan mencegah penyakit hati
  8. Klorin dan sulfur dalam jus tomat berguna dalam proses detoks yaitu proses pembuangan racun yang tertimbun dalam tubuh. Klorin menstimulasi kerja hati dan sulfur melindungi hati dari sorosis maupun penyakit hati lainnya.

  9. Jus tomat baik dikonsumsi oleh perokok
  10. Dua senyawa dalam jus tomat yaitu Coumaric acid dan Chlorogrnic acid berkhasiat menetralisir efek buruk asap rokok yang mengandung Karsinogen penyebab timbulnya kanker.

  11. Membantu menurunkan berat badan berlebih
  12. Manfaat jus tomat untuk diet berasal dari kandungan vitamin, mineral, dan fitonutrien yang berkhasiat melunturkan lemak. Dengan campuran buah bit, pepaya, jeruk maupun wortel anda bisa membuat jus diet yang ampuh melunturkan lemak di perut, paha dan bagian tubuh lain.

    Baca juga : Resep jus tomat untuk diet

  13. Menjaga kesehatan mata berkat vitamin A
  14. Meskipun jumlahnya tidak setinggi wortel, vitamin A dalam tomat bermanfaat bagi kesehatan mata.

    Jus tomat yang dicampur wortel sangat ampuh untuk merawat mata sehingga penglihatan tetap tajam dan terhindar dari penyakit rabun, katarak maupun penyakit mata lainnya.

  15. Dapat menyeimbangkan kadar gula darah
  16. Kecing manis atau diabetes terjadi karena kadar gula dalam darah (glukosa) meningkat akibat kekurangan hormon insulin.

    Bagi penderita diabetes, minum jus tomat sangat bermanfaat karena kadar gula darah bisa terjaga keseimbangannya.

  17. Merawat rambut dari akar hingga ujungnya
  18. Selain bermanfaat untuk merawat kulit dan menjaga kesehatan mata, vitamin A pada jus tomat juga terbukti baik untuk menutrisi rambut dari akarnya.

    Salah satu manfaat jus tomat untuk wanita yang tidak boleh disepelekan.

  19. Jus tomat terbukti meningkatkan kesuburan pria dan wanita
  20. Bagi pria : likopen dan vitamin C pada jus tomat bermanfaat memperbaiki kualitas sperma dan memperbanyak jumlahnya.

    Bagi wanita : jus tomat kaya vitamin dan nutrisi untuk menyuburkan rahim wanita dengan menjaga kesehatan fungsi indung telur sehingga lebih siap untuk terjadi kehamilan.

    Bagi anda yang sedang menjalankan terapi kehamilan, minumlah jus tomat yang dicampur wortel dan apel. Jus ini dikenal dengan nama Jus 3 Diva.

  21. Menurunkan demam pada anak dan orang dewasa
  22. Pengobatan tradisional Cina membuktikan, jus tomat mempunyai khasiat pereda demam (anti-piretik) dan penawar racun (detoksikan).

  23. Mengatasi masalah pencernaan
  24. Buah tomat menstimulasi keluarnya enzim pencernaan, terutama dari pankreas. Untuk mengatasi masalah pencernaan, minum jus tomat setiap hari sebelum makan.

  25. Menurunkan tekanan darah tinggi dan produksi kolesterol
  26. Dari berbagai hasil penelitian medis, manfaat jus tomat jika diminum teratur setiap hari dapat menurunkan tekanan darh yang tinggi dan mengurangi produksi lemak kolesterol.

  27. Membantu memperbaiki suasana hati
  28. Jus tomat mengandung antioksidan Likopen yang berguna untuk memperbaiki suasana hati yang tegang, tidak menentu, susah tidur, dan melindungi anda dari depresi.

  29. Membantu memperbaiki kerusakan DNA
  30. Rajin meminum jus tomat di pagi hari terbukti baik untuk memperbaiki kerusakan DNA akibat radikal bebas, polusi maupun timbunan racun yang menumpuk dalam tubuh.

  31. Menghambat pertumbuhan jamur pada tubuh
  32. Zat alami yang disebut Tomatin terbukti efektif untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan jamur pada tubuh manusia.

  33. Meningkatkan daya tahan tubuh
  34. 100 gram tomat mengandung vitamin C yang jumlahnya setara dengan buah jeruk. Asupan vitamin C sangat dibutuhkan untuk membantu sistem imun dalam menjaga kondisi tubuh tetap fit dan tidak mudah sakit.

  35. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi
  36. Dari hasil penelitian, manfaat jus tomat untuk menurunkan tekanan darah tinggi tidak mengganggu denyut jantung karena mampu menstimulasi otot polos dalam bekerja.

    Baca juga : Jus penurun darah tinggi dari buah dan sayur

  37. Berkhasiat mengatasi perut kembung, sakit kuning, sesak nafas, radang saluran nafas, radang tenggorokan, radang usus buntu, radang gusi, sariawan, rematik, melindungi tubuh dari kankerprostat, kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker kulit.


Merebus Tomat Sebelum Diolah Menjadi Jus Buah

Merebus tomat agar manfaatnya maksimal

Jangan lupa untuk merebus tomat sebelum diolah menjadi jus agar zat berkhasiat antioksidan dan anti-kanker yaitu Likopen biasa terlepas dari sel kulit tomat.

Proses perebusan direkomendasikan selama 5 - 10 menit atau jika perlu sampai kulit luarnya terkelupas.

Selamat berkreasi membuat jus tomat yang enak dan kaya manfaat kesehatan!
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar