Jus Belimbing Sayur Mampu Tangkal Sel Kanker - Jussehat

Buah belimbing sayur umum dipakai sebagai penyedap rasa masakan atau dimanfaatkan ekstraknya dalam bentuk sirup.

Buah ini dikenal juga dengan nama belimbing wuluh atau belimbing asam. Karena rasanya yang asam, buah berwarna hijau muda ini jarang dikonsumsi langsung.

Sebagai alternatif, anda bisa mengolah belimbing sayur menjadi minuman jus sehat yang segar dan bermanfaat bagi kesehatan.

mengolah belimbing sayur menjadi jus sehat

Tentu, resep jus belimbing wuluh ini dikombinasikan dengan bahan buah lain seperti bengkuang dan semangka. Kombinasi bahan-bahan inilah yang membuat manfaat minum jus bagi kesehatan sangat luar biasa.

Mulai dari menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), merawat sel kulit dari dalam, hingga menangkal sel-sel kanker berbahaya.

Di Indonesia sendiri, penghasil terbesar buah belimbing sayur adalah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Bahkan tanaman tropis ini bisa berbuah sepanjang tahun tanpa terhambat musim.

Kandungan vitamin C tinggi pada buah belimbing sayur berkhasiat untuk memelihara sistem kekebalan tubuh, bersifat anti-mikroba dan anti-bakteri.

Sedangkan buah semangka kaya akan vitamin A, B1, B2, dan vitamin C yang terbukti ampuh menghilangkan kelebihan asam urat dalam tubuh. Melalui serangkaian penelitian modern, zat-zat alami dalam semangka diketahui memiliki sifat anti-oksidan, anti-kanker, dan anti-alergi.


4 from 8 reviews
Jus Belimbing Sayur Campur Buah

 
Jus Belimbing Sayur Campur Buah
Persiapan
Pengolahan
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 230 kkal

Bahan-bahan :
  • 50 gram semangka, buang bijinya
  • 50 gram bengkoang, kupas
  • 25 gram belimbing sayur, cuci bersih
  • 3/4 gelas air putih matang
  • 2 sdm sirup gula
  • 1/4 gelas susu kedelai (jika suka)
  • Es batu secukupnya
Cara membuat jus :
  1. Potong-potong semua bahan buah. Masukkan ke dalam gelas blender.
  2. Tambahkan susu kedelai (bisa diganti sesuai selera), air matang dan sirup gula sebagai pemanis jus.
  3. Proses hingga halus, sajikan dengan potongan es batu.
Catatan :
Olahan jus sehat berbahan belimbing wuluh, bengkoang , dan semangka ini berkhasiat untuk mencegah perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh.
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar