Resep Membuat Jus Terong Belanda Campur Nanas - Jussehat

Olahan lezat jus terong belanda mempunyai keunggulan manfaat bagi kesehatan yaitu mampu mencegah sekaligus mengatasi stroke.

Buah terong ini berasal dari Amerika Selatan dan dibawa ke indonesia oleh orang Belanda sehingga diberi nama Terung Belanda.

Budidaya terung jenis ini sudah mulai dilakukan sejak tahun 1940, tepatnya di daerah Bogor, Jawa Barat.

Jangan heran jika resep jus sehat berbahan buah ini banyak dicari karena khasiat luar biasa bagi siapa saja yang meminumnya.

gambar buah terong belanda

Cara mengolah terong belanda menjadi minuman jus buah


Tekstur daging buahnya mirip dengan tomat, cita rasanya nikmat dan mirip dengan gabungan rasa antara kiwi, tomat, serta markisa.

Anda bisa mengolah terung ini sebagai bumbu masakan sayur, bahan pembuat salad, kue, es krim, dan sandwiches atau dibuat minuman jus terong belanda yang segar dan enak.

Bahkan, anda dapat mengkonsumsi secara langsung dengan ditambah sedikit garam atau gula agar lebih asam atau gurih.

Bagian buah terung belanda yang tidak bisa dimakan adalah kulitnya karena rasanya pahit dan sangat asam. Sedangkan biji dan daging buahnya bisa dikomsumsi atau diolah lebih lanjut menjadi aneka jenis kuliner termasuk jus buah sehat.

Dalam bahasa inggris, terong belanda disebut Tamarillo, Tree Tomato, atau Arbol de Tomate. Kegunaan buah ini bisa dilihat dari kandungan fitokimia di dalamnya yaitu serat, kalium, mangan, tembaga serta vitamin A, C, E dan B6.


Khasiat dan manfaat terong belanda bagi kesehatan tubuh

  1. Studi ilmiah menunjukkan bahwa kandungan asam klorogenat di dalamnya membantu menurunkan kadar gula darah pada diabetes mellitus tipe-II.
  2. Konsumsi buah-buahan yang kaya flavonoid juga berguna untuk mencegah kanker rongga mulut dan melindungi organ paru-paru.
  3. Terung belanda yang berwarna kuning dan emas memiliki kandungan vitamin A serta karoten lebih tinggi dibanding yang berwarna merah. Gunanya untuk menjaga kesehatan mata.
  4. Vitamin A juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan selaput lendir serta sel-sel kulit sehingga konsumsi terong belanda sangat baik untuk kecantikan.
  5. Buah terong ini memiliki kandungan vitamin B komplek seperti thiamin, riboflavin, dan piridoksin (vitamin B-6). Berkhasiat sebagai pembentuk enzim pembantu metabolisme tubuh.
  6. Konsumsi juice terong belanda mampu membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah berkat kandungan kalium yang berupa senyawa elektrolit.
  7. Ada juga vitamin C yang bermanfaat untuk mengobati panas dalam, sariawan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Berikut ini, resep jus terong belanda dicampur buah nanas yang memiliki manfaat melancarkan peredaran darah sehingga dapat menghindarkan anda dari stroke maupun penyakit jantung.


4.5 from 12 reviews

Jus Terong Belanda Campur Nanas


 
Jus Sehat Terong Belanda Campur Nanas
Persiapan
Pengolahan
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 122 kkal

Bahan-bahan :
  • 75 gram terong belanda
  • 100 gram buah nanas
  • 1 sdm madu atau sirup gula
  • ½ gelas air putih
Cara membuat jus terong belanda :
  1. Kupas lalu cuci bersih buah nanas kemudian buang bagian matanya.
  2. Campur terong belanda yang sudah dipotong-potong dengan air matang, haluskan memakai blender lalu saring.
  3. Campur nanas, madu, dan air saringan terong belanda. Haluskan kembali dengan blender sampai tercampur rata.
  4. Siapkan gelas saji, tuang jus terong belanda ke dalamnya.
  5. Sajikan segera selagi segar. Jika perlu, tambahkan potongan es batu.
Catatan :
Resep jus terong belanda ini memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya adalah untuk mencegah sekaligus mengatasi penyakit stroke.
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar