Resep Jus Buah Bit Merah Untuk Terapi Hipertensi - Jussehat

Minum jus bit secara teratur setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah, kata para peneliti.

Mereka menemukan dosis delapan ons (sekitar satu cangkir) dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi seseorang sampai 7 persen.

Hal ini disebabkan oleh kandungan nitrat dalam beetroot terbilang tinggi sehingga mampu menjaga aliran darah dalam tubuh tetap stabil.

Oleh karena itulah, jus bit merah berguna untuk mengatasi masalah kesehatan darah seperti hipertensi maupun anemia.

Manfaat jus bit merah untuk hipertensi

Gambar akar tanaman bit (beetroot) atau dikenal dengan "buah bit"


Beet adalah sayuran yang berasal dari Amerika Utara. Akarnya yang berbentuk bulat seperti buah-buahan pada umumnya membuat tanaman ini lebih dikenal dengan nama buah bit (beetroot).

Di indonesia sendiri budidaya tanaman bit sudah terbilang berhasil ditandai dengan semakin banyak petani yang mulai menanamnya.

Manfaat buah bit bagi kesehatan tubuh serta cara mengolahnya menjadi minuman jus yang enak dan segar sebenarnya sudah pernah kami tulis di artikel sebelumnya.

Namun resep jus sehat berikut ini dikhususkan untuk keperluan terapi kesehatan darah. Manfaat utamanya yaitu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) serta mengobati anemia (kurang sel darah merah).


Menurut penelitian, buah bit dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Khasiat beetroot untuk hipertensi sudah dibuktikan melalui penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Barts and The London School of Medicine and Dentistry.

Bahkan, hasil penelitian tersebut sudah dipublikasikan di situs-situs ternama seperti www.bbc.com dan www.dailymail.co.uk

Para ilmuwan mengatakan kandungan nitrat dalam bit membantu memperlebar pembuluh darah sehingga pasokan oksigen yang sangat dibutuhkan oleh sel-sel tubuh bisa disalurkan dengan maksimal.

Beberapa sayuran lain yang memiliki konsentrasi nitrat tinggi adalah seledri, lobak, wortel, kubis serta sayuran berdaun hijau lainnya seperti bayam.

Mereka juga memperingatkan efek samping meminum jus buah bit merah yaitu warna urine (air kencing) akan berubah warna menjadi merah. Namun anda tidak usah khawatir karena perubahan tersebut bersifat sementara dan normal.

4.5 from 7 reviews

Jus Buah Bit Untuk Hipertensi


 
Jus Buah Bit Merah Untuk Terapi Hipertensi
Persiapan
Pengolahan
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 216 kkal

Bahan-bahan :
  • 1 buah bit
  • 1 wortel
  • 2 sdm sirup gula
Cara membuat jus :
  1. Iris kecil-kecil (bentuk dadu) daging buah bit serta sayur wortel agar mudah hancur. Masukkan ke dalam juicer atau juice extractor.
  2. Proses hingga sari buahnya keluar.
  3. Tuang ke dalam gelas, tambahkan sirup gula sebagai pemanis dan sajikan segera dalam keadaan segar.
Catatan :
Resep jus bit merah ini berkhasiat untuk menjaga tekanan darah tetap normal pada angka stabil sehingga sangat berguna bagi anda yang mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi).
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar