3 Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Jus Sehat - Jussehat

Meskipun rasanya terbilang pahit, jus kulit manggis dipercaya memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Bahkan, meminum obat herbal dari ekstrak kulit buah manggis terbukti mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti kanker, kolesterol, dan tekanan darah tinggi.

Cara mengolah kulit manggis yang benar agar enak diminum dapat dilakukan dengan dua metode utama.

Pertama : merebus kulit buah yang sudah dikeringkan terlebih dahulu.
Kedua : membuat jus herbal dengan bahan kulit buah yang masih segar.

Selain berkhasiat bagi kesehatan, olahan kulit manggis baik yang dibuat sendiri atau pun membeli ekstrak kulit buahnya mempunyai keunggulan tersendiri dalam bidang kecantikan.

Cara mengolah kulit manggis

Cara mengolah kulit buah manggis menjadi minuman jus dan teh herbal


Dengan bermodalkan kulit buah manggis kering dan yang masih segar maka akan diperoleh olahan herbal berupa :

Adanya senyawa Xanthone berkhasiat mencegah penumpukan lemak tubuh sehingga Anda terhindar dari kelebihan berat badan, sedangkan zat anti-oksidan berlimpah pada ekstrak kulit manggis berguna untuk mengatasi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan bintik-bintik hitam di wajah.

Untuk mengolah kulit manggis menjadi jus, teh maupun minuman kesehatan lain, caranya mudah saja. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan peralatan sederhana tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Sebenarnya jika tidak mempunyai banyak waktu, Anda bisa membeli produk ekstrak kulit manggis yang banyak dijual di toko kesehatan maupun toko online.


Manfaat Meminum Olahan Kulit Manggis Bagi Kesehatan

  1. Memperkuat sistem immune sehingga tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit ringan seperti flu, batuk maupun demam.
  2. Karena kekebalan tubuh sudah meningkat, proses penyembuhan luka akan berjalan lebih cepat dari sebelumnya.
  3. Seperti halnya daging buah manggis, sari kulitnya juga berguna untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) serta mengontrol tekanan darah.
  4. Jika laju darah sudah terkontrol maka pembuluh darah bertambah kuat dan kesehatan jantung bisa terjaga dengan baik.
  5. Mengolah kulit manggis dengan cara yang benar kemudian meminumnya berkhasiat mengatasi diare dan mencegah peradangan usus.
  6. Bagi anda yang menderita sakit maag, manfaat jus kulit buah manggis adalah menyembuhkan sakit yang anda derita jika rajin meminumnya.
  7. Untuk anda yang mementingkan penampilan, kandungan zat anti-oksidan di dalamnya berperan penting dalam melawan radikal bebas sehingga anda tetap terlihat awet muda.
  8. Bagi seorang wanita, minum sari kulit manggis saat siklus haid bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit sebelum menstruasi (PMS).
  9. Mencegah terjadinya penumpukan lemak berkat manfaat zat xanthone dalam kulit buah manggis sehingga membantu menurunkan berat badan.
  10. Beberapa penyakit ganas yang bisa dijauhkan dan disembuhkan dengan meminum olahan herbal dari kulit manggis adalah kanker, diabetes, TBC, HIV AIDS, asam urat maupun asma (disesuaikan dengan komposisi masing-masing olahan).


Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Minuman Sehat


1. Merebus kulitnya kemudian minum airnya

Untuk anda yang tidak suka memakai mesin blender, ada cara mudah untuk mengolah kulit buah berwarna merah tua ini menjadi obat herbal.

Yaitu dengan cara merebus kulit manggis kering sehingga menjadi minuman teh yang berkhasiat sebagai obat herbal.

Teh herbal dari kulit manggis

Teh herbal dari kulit manggis kering


Penambahan bahan-bahan pemanis seperti gula maupun madu juga diperbolehkan dan tidak mengurangi khasiat yang terkandung di dalamnya.

Perbandingan pemanis dengan air rebusan kulit manggis disesuaikan selera masing-masing. Metode ini terbilang sangat sederhana karena tidak membutuhkan peralatan modern.


2. Membuat teh berbahan kulit manggis kering



Di beberapa daerah penghasil buah manggis, pemanfaatan kulit buah ini sudah dilakukan sejak dahulu.

Mereka memahami betul jika buah berwarna ungu ini hanya ada pada musim tertentu saja.

Oleh karena itu, mereka mencari cara agar minuman herbal kulit manggis tetap ada meskipun bukan musimnya.

Kemudian ditemukanlah metode pengolahan sederhana dengan cara mengeringkan kulit manggis di bawah sinar matahari, dimana sebelumnya kulit buah dipotong-potong dalam ukuran kecil.

Penyimpanan kulit kering ini harus di tempat bersih dan tidak lembab untuk menghindari tumbuhnya jamur yang bisa membahayakan kesehatan.

Cara penyajiannya : seduh kulit manggis kering menggunakan air panas lalu minum selagi hangat seperti anda menikmati secangkir teh.


5 from 22 reviews

Jus Kulit Manggis


Indonesian
 
Jus Kulit Manggis
Persiapan
Pengolahan
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 72 kkal

jus herbal
kulit manggis, herbal, manggis
Bahan-bahan :
  • Kulit manggis yang masih segar
  • Pemanis seperti gula jawa, gula aren atau madu
  • Air matang secukupnya
  • Potongan es batu jika perlu
Cara membuat jus kulit manggis :
  1. Ambil kulit buah yang masih segar kemudian kerok bagian dalamnya yang ada selaput putih seperti benang. Untuk mempermudah proses ini, pilih kulit buah yang masih segar atau membeli buah manggis kemudian manfaatkan kulitnya.
  2. Masukkan ke dalam blender bersama air, proses sampai halus. Sesuaikan jumlah air dengan banyaknya kulit manggis untuk meminimalkan rasa pahit.
  3. Tuang ke dalam gelas lalu tambahkan madu atau gula jawa yang sudah dihancurkan agar rasa pahit bisa berkurang. Aduk-aduk beberapa saat.
  4. Agar lebih segar, sajikan dengan menambahkan es batu di atasnya.
Catatan :
Cara mengolah kulit manggis menjadi jus sehat memang terlihat sederhana dan mudah. Meskipun hanya menggunakan bahan tambahan gula sebagai pemanis, khasiatnya bagi kesehatan sangat luar biasa.


Adakah Resiko Keracunan Akibat Meminum Jus Kulit Manggis?

Beberapa tanda mengalami keracunan akibat konsumsi olahan herbal ini adalah diare dan muntah-muntah.

Untuk mencegahnya, minumlah olahan kulit manggis dalam jumlah yang sedikit selama beberapa hari. Tujuannya untuk melihat reaksi dan membiasakan organ tubuh terhadap zat-zat alami yang terkandung di dalamnya.

Perlu dicatat : setiap orang memiliki tingkat penerimaan dan toleransi berbeda terhadap zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan tidak menutup kemungkinan tubuh akan menolak asupan zat asing jika memang dirasa tidak cocok.

Alternatif lain, anda bisa membeli ekstrak kulit manggis yang sudah dikemas sebagai produk obat herbal. Pilihlah produk yang sudah terdaftar pada Depkes RI atau memiliki sertifikat Badan pengawas obat dan makanan (BPOM).
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar