Cara Menggunakan Blender Untuk Membuat Jus Dengan Benar - Jussehat

Setelah membaca berbagai resep yang kami tuliskan, seorang pembaca mengirimkan email pertanyaan pada kami.

Pembaca tersebut menanyakan adakah teknik khusus menggunakan blender untuk membuat jus buah yang segar serta menyehatkan?

Sebuah pertanyaan sederhana yang sebenarnya sangat penting namun sering terlupakan.

Kenapa sangat penting?

Karena rasa jus yang dihasilkan dengan blender dipengaruhi oleh faktor kebersihan bahan-bahan, waktu yang dibutuhkan serta kebersihan alat yang dipakai.

Cara Menggunakan Blender Untuk Membuat Jus

Cara Menggunakan Blender Untuk Membuat Jus


Jika anda ingin mendapatkan cita rasa kesegaran maksimal dari jus yang dibuat dengan blender, pastikan anda mengetahui cara paling tepat dan benar dalam mengoperasikannya.

Selain itu, kombinasi bahan-bahan yang digunakan juga sangat mempengaruhi rasa maupun manfaat kesehatan yang diperoleh tubuh.


Bagaimana Cara Memakai Blender Untuk Membuat Jus?

  1. Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu satu unit blender, buah maupun sayur untuk dibuat jus dan air putih secukupnya.
  2. Cuci semua bahan sampai bersih, kupas kulit buah yang tidak bisa dimakan (pisang, nanas) dan buang bijinya (jeruk, apel, pepaya dll)
  3. Potong kecil-kecil sayur maupun buah yang akan dibuat jus, usahakan memotong dengan bentuk dadu agar cepat halus.
  4. Memotong bahan-bahan untuk membuat jus
  5. Masukkan air putih secukupnya, banyaknya air yang dimasukkan disesuaikan dengan jenis buah serta selera masing-masing.
  6. Beberapa jenis buah segar seperti nanas dan jeruk sudah banyak mengandung cairan jadi tidak perlu banyak-banyak menambahkan air putih.

  7. Masukkan potongan buah atau sayuran secara bersamaan atau pun bertahap, disesuaikan dengan resep jus yang anda dapatkan.
  8. proses pembuatan jus dengan blender
  9. Mulailah menyalakan blender, atur pada kecepatan rendah selama 10 detik kemudian naikkan kecepatan selama 10 detik berikutnya.
  10. Waktu yang dibutuhkan tidak harus sama, tergantung bahan-bahan yang akan dibuat jus serta kemampuan masing-masing blender.

  11. Setelah halus, langsung tuangkan ke dalam gelas saji atau gunakan saringan khusus untuk memisahkan biji buah maupun ampas yang muncul di atas jus.

    Jika tidak memiliki saringan khusus, anda bisa memakai kain lembut yang bersih.

    Menyaring jus setelah di blender
  12. Anda bisa menambahkan pemanis buatan seperti gula atau madu. Namun jika ingin menggunakan pemanis alami, tambahkan buah apel atau jeruk manis pada daftar bahan pembuat jus.

  13. Tambahkan juga es batu apabila menginginkan sensasi kesegaran maksimal. Namun jika anda membuat jus untuk keperluan terapi kesehatan, sebisa mungkin hindari penggunaan es batu.

Itulah tutorial cara menggunakan blender yang benar untuk membuat aneka jus agar cita rasa serta manfaat yang anda dapatkan bisa maksimal.
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar