4 Cara Membuat Jus Buah Sehat Agar Rasa Lebih Segar - Jussehat

Cara membuat jus buah untuk kesehatan sebenarnya sangat mudah dan praktis.

Anda tinggal menyediakan buah-buahan segar kemudian haluskan dengan blender.

Namun, tahukah anda jika ada tips rahasia untuk menjadikan jus buatan anda semakin segar saat dinikmati?

Resep membuat jus buah dan sayur mungkin bukan hal yang baru namun belum tentu anda tahu cara meminum jus yang benar agar manfaat serta khasiat nya bisa anda dapatkan secara maksimal.

Cara membuat jus agar lebih enak

Cara membuat jus agar lebih enak dan segar


Meminum jus buah dan jus sayur memang sangat bermanfaat untuk terapi kesehatan mengingat masing-masing resep membuat jus memiliki khasiat yang berbeda.

Banyak sekali manfaat minuman segar ini untuk mengobati penyakit secara herbal atau pun sekedar menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.

Bagi anda yang sedang menjalani pola hidup sehat pasti sudah biasa mengkonsumsi buah dan sayuran dalam berbagai olahan makanan.

Cara membuat jus buah yang enak untuk diminum pasti sudah anda kuasai sejak lama. Dan efek kesehatan yang diperoleh oleh tubuh yaitu asupan nutrisi serta vitamin yang tetap terjaga.


Tips Meminum Jus Buah Untuk Memperoleh Manfaat Yang Optimal

Cara sehat minum jus yang baik dan benar adalah tidak ditenggak langsung sampai habis. Ada teknik tersendiri agar kandungan vitamin, mineral maupun zat lain yang berguna bisa diserap dengan optimal oleh tubuh.

  • Resep minum jus secara benar adalah minum sedikit demi sedikit sampai batas separuh volume mulut.
  • Kemudian tahan sebentar di dalam mulut sambil dirasakan jus sudah bercampur dengan air liur.
  • Setelah itu, barulah diturunkan ke tenggorokan. Begitu seterusnya.

Mengapa harus pakai aturan untuk menikmati kesegaran jus buah dan sayur?

Alasannya adalah air liur yang mengandung enzim ptialin memiliki fungsi untuk membantu proses pencernaan sehingga nutrisi yang terdapat dalam jus dapat diserap tubuh dengan baik. Manfaat minum jus dengan cara ini adalah mencegah perut kembung dan mules.


Bagaimana Cara Membuat Jus Dengan Cita Rasa Tinggi?

Pasti anda menyadari bahwa tidak semua bahan untuk membuat jus baik buah maupun sayuran memiliki rasa yang enak. Beberapa tips berikut ini berguna untuk membuat rasa minuman sehat ini lebih enak sehingga menggugah selera anda.

  1. Tips membuat jus sayur yang memiliki rasa pekat
  2. Meskipun jus sayur mempunyai manfaat untuk kesehatan, tidak semua orang mau meminumnya karena rasa yang kurang nikmat.

    Anda bisa menambahkan bahan-bahan pembuat jus yang berfungsi sebagai penetral rasa pekat seperti mentimun, buah tomat, paprika merah, kol dan belimbing sayur.

  3. Manfaat bahan alami untuk hilangkan bau pada jus
  4. Tambahkan lemon juice agar rasa jus lebih enak

    Tambahkan lemon juice agar rasa jus lebih enak

    Saat anda membuat jus buah yang memiliki aroma menyengat tidak sedap, air jeruk nipis atau lemon bisa menjadi solusinya.

    Tambahkan 1 – 2 sendok air jeruk nipis pada resep jus yang akan dibuat untuk mengatasi aroma dan rasa yang kurang enak. Contoh jus kesehatan dengan tambahan bawang putih atau daun bawang.

    Sedangkan untuk menghilangkan aroma tak sedap pada jus sayur, anda bisa menambahkan serai atau daun jeruk yang masih segar.

  5. Cara menambah rasa gurih pada jus buah dan sayur
  6. Jika anda ingin memberikan sensasi rasa gurih untuk jus buah , tambahkan biji-bijian dan kacang-kacangan.

    Contohnya : kacang tanah, flax seed, biji bunga matahari, almond, wijen putih maupun hitam. Jangan lupa kupas dari kulitnya yang keras kemudian blender bersama bahan-bahan lainnya.

  7. Cara membuat jus dengan pemanis alami buah kering
  8. Buah kering seperti kurma, kismis, sultana, aprikot atau prune(buah plum kering) bisa dijadikan sebagai pemanis alami jus buah.

    Cara membuatnya : rendam buah kering kedalam air mendidih selama 4 jam hingga mengembang. Campurkan buah kering bersama air rendamannya kedalam mangkuk blender kemudian masukkan bahan jus buah lainnya.

    Untuk buah-buahan yang berfungsi menambah rasa manis jus adalah mangga, rambutan, pisang dan sirsak.


Anda bisa saja meminum jus buah segar setiap harinya tapi mungkin anda melupakan hal terpenting dari minum jus yaitu vitamin dan nutrisi yang tidak diserap secara optimal oleh tubuh.

Cara membuat jus buah agar supaya rasa dan kesegarannya terjaga serta dapat menggugah selera, anda bisa menambahkan bahan-bahan lain yang mudah didapat.
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar