Cara Membuat Jus Buah Bit Untuk Membuang Racun Tubuh - Jussehat

Buah bit atau beetroot adalah akar umbi tanaman sayur bit dengan warna merah tua dan berasal dari kawasan Amerika Utara.

Meskipun bukan merupakan sayuran asli Indonesia, umbi bit semakin populer berkat manfaat luar biasa yang terkandung di dalamnya. Salah satu cara mengolah bit dengan mudah adalah menjadikan minuman kesehatan seperti jus buah.

Jika anda bertanya, bagaimana cara mengolah buah bit agar enak dikonsumsi dan nutrisinya tidak hilang? Jawabannya adalah dibuat mix jus buah.

Aneka jus buah bit yang dibuat dengan mix buah dan sayuran tertentu nyatanya memiliki rasa yang enak, tidak membosankan dan pastinya kaya nutrisi berkhasiat bagi kesehatan.

Banyak sekali manfaat buah bit untuk kesehatan, mulai dari melancarkan pencernaan, penambah darah (membantu produksi sel darah) sampai bermanfaat untuk kanker dan tumor ganas.

Itulah kenapa olahan resep jus beetroot ini banyak dicari dan diburu oleh pecinta minuman sehat.

Resep cara membuat jus buah bit

Cara mengolah bit menjadi minuman jus sehat


Meskipun cara membuat jus buah bit bisa dikatakan mudah dan sederhana, anda mungkin akan kesulitan mendapatkan umbi berwarna merah tua ini.

Bentuk fisiknya seperti tanaman bawang dengan akar yang menyelimutinya dan bagian yang bisa dibuat minuman jus adalah akar umbinya.

Memang benar budidaya tanaman sayur bit (beet plant) sudah dimulai di indonesia, namun ada kemungkinan hanya pasar modern dan supermarket yang menyediakan umbi bit merah.

Bau tanah dan rasa langu seringkali menjadi masalah saat mengolah buah eksotik ini. Ada tips cara membuat jus buah bit agar tidak bau tanah yaitu dikukus atau direbus terlebih dahulu sebelum diolah menjadi jus buah. Atau diambil sari buahnya saja dan ampas jusnya di buang.

Bagi anda yang ingin mendapatkan khasiat alami yang terkandung di dalamnya namun tidak tahu cara memasak atau mengolahnya, ada baiknya anda mencoba membuat jus bit. Berikut ini 13 manfaat yang akan diperoleh jika anda rajin meminum olahan beet :


14 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Besarnya kandungan zat besi dalam buah bit bermanfaat untuk penambah darah sekaligus mengatasi masalah kurang darah seperti lemas, tidak berenergi dan anemia.
  2. Lebih spesifiknya, manfaat buah bit untuk anemia diperoleh dari zat besi yang berperan mematangkan eritrosit atau sel-sel darah merah.
  3. Jenis bahan lain yang memiliki fungsi serupa adalah sayur bayam, sawi putih, daun ubi jalar, daun katuk, dan brokoli.

    Jus buah bit mix bayam pepaya berkhasiat meningkatkan kadar hemoglobin (Hb) dalam darah yang merupakan alat transpor oksigen dan sari makanan ke seluruh sel-sel tubuh.

  4. Kandungan seratnya juga berkhasiat dalam mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar maupun kecil.
  5. Gambar buah bit merah yang baru diambil dari kebun

    Gambar buah bit merah yang baru diambil dari kebun

  6. Khasiat buah bit bagi kesehatan organ hati dapat dilihat dari kemampuannya untuk membersihkan racun yang mengendap di usus, empedu maupun ginjal (detoksifikasi).
  7. Konsumsi olahan buah bit mampu menimbulkan perasaan rileks sekaligus meningkatkan stamina.
  8. Manfaat buah bit juga bisa merawat elastisitas pembuluh darah dan jaringan otot sehingga mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.
  9. Pigmen warna pada buah bit merupakan senyawa antikanker yang kuat dan ampuh.
  10. Bit merah mengandung betasanin, sedangkan bit kuning mengandung betaxhanthin yang bermanfaat memberikan donor elektron untuk menetralkan radikal bebas.

    Manfaat buah bit salah satunya antikanker

    Beragam varietas bit yang kaya manfaat, salah satunya antikanker

  11. Penelitian pada pasien dengan kanker lambung memperlihatkan bahwa bit yang dibuat jus buah merupakan penghambat poten terbentuknya nitrosamin yang dapat menyebabkan mutasi sel. Meminum jus buah bit terbukti bermanfaat mengobati kanker lambung.
  12. Membantu memproduksi sel-sel darah merah sehingga badan tetap fit, sehat bertenaga ( bit sebagai buah penambah darah alami ).
  13. Jika dikonsumsi secara teratur, manfaat jus buah bit merah berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi seseorang.
  14. Jus buah bit merah

    Cara mengolah buah bit agar lebih bernutrisi adalah dengan membuat mix jus sehat

  15. Buah bit mengandung asam folat yang bermanfaat untuk ibu hamil karena membantu menjaga tumbuh kembang janin (terhindar cacat janin pada otak dan tulang belakang).
  16. Baca juga : Aneka resep jus untuk ibu hamil

    Manfaat buah bit bagi wanita dapat meringankan gejala premenstruasi sindrom (PMS) berkat kandungan vitamin B6 dan kalsium di dalamnya.

  17. Menurut hasil riset National Institutes of Health (NIH), folat berperan penting dalam melindungi DNA dari kerusakan sehingga terhindar dari penyakit kanker.
  18. Konsumsi bit sangat bermanfaat bagi penderita asam urat tinggi karena mengandung zat gizi Kolin yang membantu gerakan otot, mempertahankan struktur membran sel, penyerapan lemak, transmisi impuls saraf, dan mengurangi peradangan kronis akibat kristal asam urat.
  19. Mengkonsumsi jus bit juga terbukti baik untuk kesuburan karena mengandung vitamin A, C, B6, zat besi dan senyawa fotonutrien betasianin yang berkhasiat membersihkan radikal bebas dalam tubuh. Jangan heran jika bit termasuk bahan buah yang cocok dibuat jus untuk promil.


Kandungan gizi dan fitokimia dari 100 gram beetroot
Kandungan gizi buah bit

Sumber : Jus Ajaib Penumpas Aneka Penyakit, penulis Dr. Ruslianti, MSi diterbitkan oleh Agro Media


Selain diolah sebagai jus buah sehat, Ada cara memasak bit dengan metode sederhana yaitu merebus umbi bit merah hingga lunak kemudian cuci dengan air mengalir sambil dikupas kulitnya. Setelah kulit buah terkelupas, anda bisa mengolahnya menjadi asinan, sup atau bahan salad.

Rasa buah bit manis dengan tekstur lembut, jika diolah menjadi sup maka akan memberikan warna merah pada kuahnya.


Bagaimana Cara Membuat Jus Bit Agar Tidak Bau Tanah?

Kendala yang sering dihadapi saat mengolah bit mentah menjadi jus buah adalah aroma, bau dan rasa langu tanah yang masih sedikit terasa atau tercium.

Aroma tersebut berasal dari senyawa organik yang disebut Geosmin. Senyawa geosmin diproduksi oleh mikroba di tanah dan karena itulah mereka memiliki aroma khas yang hampir mirip dengan aroma tanah yang baru pertama kali tersiram air hujan.

Agar tidak bau tanah, cara membuat jus buah bit adalah dicampur bahan dengan aroma khas yang kuat seperti jahe, jeruk manis, air jeruk lemon atau jeruk nipis. Kemudian buatlah jus bit tanpa serat yaitu dengan mesin juicer atau juice extractor. Jika memakai blender, saring ampas jus dan ambil sarinya saja. Cara ini terbukti menghilangkan bau tanah pada jus bit dan mengurangi rasa langu yang kurang bersahabat.

Menghilangkan bau tanah jus buah bit dengan disaring ampasnya

Menghilangkan bau tanah jus buah bit dengan disaring ampasnya


Memang ada cara yang lebih ampuh untuk menghilangkan bau tanah pada buah bit yaitu dikukus, direbus atau dipanggang menggunakan oven. Metode ini juga akan menambah rasa manis, mempermudah mengupas kulit buah bit dan membuat daging buahnya lebih empuk.

Cara membuat jus buah bit dengan direbus atau dipanggang dahulu untuk menghilangkan bau tanah memang tidak dilarang, hanya tidak disarankan karena dapat mengurangi kandungan zat antikanker dan anti tumor dalam jus.


Video cara mengupas kulit beet root dengan direbus :


Cara Mengolah Buah Bit Menjadi Jus Sehat Dengan Aneka Resep Terbaik

1. Jus bit merah original
Bahan-bahan :
gambar jus bit merah
  • Buah bit ukuran sedang
  • Dua gelas air putih
  • Es batu secukupnya

Cara membuat jus bit merah :
Cuci buah dengan air mengalir, kupas kulitnya memakai pisau lalu belah menjadi beberapa bagian. Masukkan ke dalam blender bersama air putih. Blender sampai halus. Anda juga bisa menambahkan es batu jika diinginkan.

2. Jus ubi bit campur cinnamon
Bahan-bahan :
gambar juice bit campur kayu manis
  • 300 gram buah bit, kupas & potong-potong
  • 1 sdt kayu manis bubuk

Cara mengolah :
Masukkan bit ke dalam juice extractor. Proses hingga keluar sari buahnya, tampung dalam gelas. Tambahkan kayu manis bubuk. Aduk rata dan sajikan segera.

3. Jus bit dan wortel
Bahan-bahan :
jus bit campur wortel
  • 200 gram bit
  • 200 gram wortel
  • 1 buah jeruk lemon

Cara membuatnya :
  • Masukkan bit dan wortel ke dalam juice extractor.
  • Proses hingga sari buahnya keluar, tampung dalam gelas.
  • Peras jeruk lemon, ambil airnya. Campur dengan sari buah bit, aduk rata dan sajikan.
  • Manfaat jus bit dan wortel di atas yaitu untuk terapi detoksifikasi membuang zat sisa metabolisme dan racun radikal bebas yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

4. Jus bit brokoli wortel
Bahan-bahan :
jus bit campur brokoli
  • 200 gram bit
  • 200 gram wortel
  • 100 gram brokoli

Cara membuatnya :
  • Cuci bersih lalu kupas buah bit dan wortel, masukkan ke dalam juice extractor.
  • Tambahkan sayur brokoli, proses beberapa saat sampai sarinya keluar.
  • Tampung dalam gelas lalu sajikan segera.
  • Manfaat jus buah bit campur brokoli ini adalah sebagai media terapi membuang racun, kotoran, dan beragam radikal bebas dalam tubuh (detoksifikasi).

5. Jus buah bit untuk diet
Bahan-bahan :
jus bit untuk diet sehat
  • 2 buah bit ukuran sedang
  • 6 buah stroberi matang
  • 200 ml air es

Cara mengolahnya :
  • Kipas lalu potong-potong bit, cuci buah stroberi kemudian masukkan ke dalam blender.
  • Tambahkan air es, lalu proses sampai halus dan tercampur rata.
  • Saring jus, tuang ke dalam gelas saji. Nikmati jus selagi dingin.

6. Jus buah bit untuk kanker
Bahan-bahan :
resep jus bit untuk kanker
  • 1 buah bit ukuran sedang
  • 100 gram anggur
  • 2 sdm sirup gula
  • 200 ml air dingin

Cara membuatnya :
  • Kipas lalu potong-potong bit, buang biji anggur kemudian masukkan ke dalam blender.
  • Tambahkan air dingin, lalu blender halus.
  • Tuang ke dalam gelas. Sajikan selagi dingin.
  • Kombinasi umbi bit dan buah anggur kaya akan zat antioksidan kuat yang mempunyai manfaat untuk kanker, baik mencegah maupun mengobati.
  • Baca ulasan lengkap khasiat beetroot untuk membunuh sel kanker berbahaya pada artikel ini

7. Jus buah bit untuk anemia
Bahan-bahan :
Resep jus buah bit untuk anemia
  • 200 gram bit
  • 100 gram sawi putih
  • 200 gram anggur

Cara mengolah bit untuk anemia :
  • Siapkan juice extractor, ambil sari buah bit dan sawi putih. Masukkan ke dalam blender.
  • Tambahkan anggur yang sebelumnya sudah dibuang bijinya.
  • Proses semua bahan sampai halus dan tercampur rata memakai blender.
  • Segera diminum.
  • Kombinasi buah bit yang kaya zat besi untuk pematang sel darah merah, sawi putih yang mengandung asam folat, dan buah anggur untuk meningkatkan metabolisme darah sangat bermanfaat untuk mengobati kurang darah atau anemia akibat kekurangan hemoglobin.

8. Jus Buah Bit Mix Bayam Pepaya

Jus buah bit mix bayam pepaya untuk menambah Hb

Bahan-bahan :
  • 50 g bit merah
  • 150 g bayam merah
  • 200 g pepaya
  • 100 air dingin
  • 50 g es batu

Cara membuat jus buah bit mix bayam pepaya :
  • Kukus sebentar buah bit agar tidak banyak mengeluarkan busa saat di blender dan tidak terlalu berbau tanah. Kemudian kupas kulitnya.
  • Masukkan semua bahan ke dalam blender.
  • Hidupkan blender, proses sampai halus dan tercampur rata.
  • Sajikan segera selagi dingin atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.


9. Jus Buah Bit Merah Campur Madu

Jus Buah Bit Merah Campur Madu

Bahan-bahan :
  • 500 g buah bit merah
  • 1 sdm madu
  • Air dingin secukupnya
  • Potongan es batu

Cara membuat jus buah bit merah :
  • Cuci bersih buah bit kemudian kupas kulitnya.
  • Ambil sari buah bit menggunakan juicer atau dapat juga menggunakan blender dengan tambahan sedikit air, kemudian saring ampasnya.
  • Siapkan gelas saji, tuang jus ke dalamnya. Tambahkan madu lalu aduk rata.
  • Sajikan segera dengan es batu atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.

10. Jus Buah Bit Mix Nanas

Jus Buah Bit Mix Nanas

Bahan-bahan :
  • 500 g buah bit
  • 200 g nanas
  • Air dingin secukupnya
  • ½ gelas es serut

Cara membuat jus buah bit mix nanas :
  • Ambil sari buah bit dan buah nanas menggunakan juicer atau dapat juga menggunakan blender dengan tambahan sedikit air, kemudian saring ampasnya.
  • Siapkan gelas saji, tuang jus ke dalamnya.
  • Sajikan segera dengan es serut atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.


5 from 23 reviews

Jus Buah Bit Campur Kurma


Indonesian
 
Jus Buah Bit Campur Kurma
Persiapan
Pengolahan
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 125 kkal

Mix jus sehat
buah bit, kurma, jus bit
Bahan-bahan :
  • 100 gram bit
  • 3 buah kurma
  • 1 sdm yoghurt tawar
  • 2 sdm sirup gula
  • 150 ml air dingin
Cara membuat jus bit :
  1. Cuci bit secara menyeluruh, gunakan air dingin dan bersih untuk mengurangi risiko kontaminasi yang dapat menyebabkan penyakit akibat makanan.
  2. Kupas kulit buah bit lalu potong-potong, pisahkan juga kurma dari bijinya.
  3. Masukkan semua bahan ke dalam blender.
  4. Hidupkan blender, proses sampai halus dan tercampur rata.
  5. Sajikan jus bit selagi dingin atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.
Catatan :
Baik buah kurma maupun bit yang dipakai sebagai bahan pembuat jus memiliki kandungan serat berlimpah yang memiliki efek laksatif sehingga berguna untuk menjaga kadar kolesterol agar tidak meningkat.

Jus buah bit merah bisa dibuat dengan menggunakan mesin blender atau jika ingin mendapatkan sari buahnya saja maka gunakan mesin juicer.

Untuk mendapatkan variasi resep terbaik yang enak dan bernilai gizi tinggi, kami menggunakan kedua mesin tersebut untuk membuat segelas jus sehat dari buah bit.
Notes : 1 gelas = 250 ml (mililiter ) air 1/2 gelas = 125 ml 1 gelas plastik air mineral = 240 ml Cara membuat sirup gula : Campur gula pasir dan air dengan perbandingan 1 : 1 kemudian rebus (seduh) beberapa saat sampai kedua bahan tercampur.

POPULAR TOPICS

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca resep dari kami. Bila anda memiliki pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tuliskan di kolom komentar ini. Tanggapan Anda sangat berarti bagi kami.

Buka Komentar